Ketika Wakapolri Curhat Masyarakat Lebih Percaya Lapor Damkar Dibanding Polisi

  • Arry
  • 19 November 2025 13:17
Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Dedi Prasetyo(tribratanews/tribratanews.polri.go.id)

Newscast.id - Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Dedi Prasetyo mengakui, saat in masyarakat lebih memilih menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) daripada melapor ke polisi saat membutuhkan pertolongan.

Curhat ini disampaikan Komjen Dedi saat rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 18 November 2025. Saat itu Dedi mengakui hal itu karena lambatnya respons dari Satuan Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

"Saat ini masyarakat lebih mudah melaporkan segala sesuatu ke Damkar karena Damkar quick responsnya cepat,” kata Komjen Dedi.

Menurut Dedi, standar internasional menetapkan waktu tanggap ideal di bawah 10 menit. Sedangkan SPKT Polri masih berada di atas angka tersebut.

Baca juga
Viral Polisi Catcalling Perempuan Pejalan Kaki, Ini Respons Polda Metro Jaya

“Di bidang SPKT dalam laporan masyarakat lambatnya quick response time, quick response time standar PBB itu di bawah 10 menit, kami masih di atas 10 menit. Ini juga harus kami perbaiki,” jelasnya.

Dedi menegaskan, pembenahan sistem pelaporan kepolisian harus menjadi menjadi prioritas. Terutama melalui optimalisasi layanan aduan 110.

“Dengan perubahan optimalisasi 110, harapan kami setiap pengaduan masyarakat bisa direspons di bawah 10 menit,” ujarnya.

Selain itu Dedi juga menyatakan, Polri akan terus memperbaiki kecepatan layanan publik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Terutama fungsi yang bersentuhan langsung dengan warga.

“Pelayanan publik ini juga hal yang paling pokok, fundamental. Wajah kepolisian ini sangat dipengaruhi oleh pelayanan publik,” ujarnya.  

Artikel  lainnya: Kepala Patung Soekarno di Alun-alun Indramayu Miring, Ini Penyebabnya

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan