Rini S Bon Bon Kena Diabetes Militus Sebelum Meninggal, Ini Gejala dan Penyebabnya

  • Arry
  • 11 Jul 2022 10:35
Pelawak Rini S Bon Bon Meninggal Dunia(ist/ist)

Pelawak Rini S Bon Bon meninggal dunia pada Ahad, 10 Juli 2022. Sebelum meninggal dunia, Rini S Bon Bon sempat melawan penyakit diabetes militus hingga sempat kakinya akan diamputasi.

Kabar duka meninggalnya Rini S Bon Bon disampaikan kerabatnya, Qubil AJ. Dia juga meminta doa agar Rini S Bon Bon diampuni khilaf dan dosanya.

Pada 2009, Rini S Bon Bon diketahui pernah mengalami penyakit diabetes militus. Penyakit itu bahkan sempat membuat berat badannya turun hingga 23 kilogram.

Tak hanya itu, diabetes militus yang diidapnya membuat Rini S Bon Bon nyaris kehilangan salah satu kakinya akibat membusuk dan harus diamputasi.

Baca juga
Pelawak Rini S Bon Bon Meninggal Dunia

Namun, pada 2014, Rini S Bon Bon mengaku sudah sembuh total dari Diabetes Militus. Bahkan, kakinya pun batal diamputasi.

Apa sih penyakit diabetes militus itu? Seberapa bahayanya penyakit tersebut?

Melansir laman Kementerian Kesehatan, Diabetes Militus adalah suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein.

Gangguan itu akibat dari insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin.


Selanjutnya gejala Diabetes Militus >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait