4 Kisah Hantu Legendaris di Bandung, dari Kampus hingga Ambulans

  • Arry
  • 1 Sep 2022 22:34
Ilustrasi Hantu di Kota Bandung(@yejinghan/unsplash)

Bandung dikenal dengan kekayaan alam dan kulinernya. Di luar itu, Kota Bandung juga menyimpan kisah-kisah mistisnya.

Kisah mistis dari Kota bandung sebagian besar datang dari zaman kolonial Belanda. Kisah-kisah itu kini menjadi urban legend Kota Bandung.

Berikut kisah mistis di Bandung:

1. Hantu Anna

Hantu Anna merupakan hantu penunggu gedung di salah satu universitas di Bandung. Gedung ini dulunya adalah sebuah vila yang dimiliki seorang warga Belanda bernama Berrety.

Berrety kemudian meninggal dalam sebuah kecelakaan dari Belanda menuju Indonesia. Berrety diketahui memiliki anak yang bernama Anna.

Di hidupnya, Anna yang kehilangan ibunya, selalu menunggu ayahnya hingga meninggal. Hantu Anna ini tidak mengganggu dan hanya menunggu kedatangan ayahnya.


2. Hantu Jawara Tanpa Kepala

Hantu jawara tanpa kepala ini disebut-sebut kerap muncul di sekitar Jalan Cipaganti. Seperti namanuya, hantu ini muncul tanpa kepala di kawasan Cipaganti.

Kisah ini bermula dari seorang jawara yang sakti pada masa Belanda. Jawara ini disebut sebagai penguasa Kota Bandung. Saat itu, Belanda membuat sayembara bagi yang bisa membawa jawara tersebut akan mendapatkan emas yang banyak.

Kesaktian sang jawara ini akhirnya kalah dari seorang dukun. Kepalanya kemudian dipotong dan dimasukkan ke karung.

Ada sebuah kisah yang mengatakan ada pengendara yang pernah menabrak benda seperti bola. Pengendara tersebut kemudian mencari tahu benda apa yang ditabraknya. Namun, saat dilihat yang ditabrak adalah kepala dari sang jawara.


3. Hantu Nancy

Kisa Hantu Nancy sangat melegenda di Bandung. Bahkan pernah dijadikan film bioskop pada 2015. Hantu berwujud nona Belanda bernama Nancy ini dapat ditemui di salah satu SMA di Bandung.

Konon, Nancy meninggal di sekolah tersebut karena bunuh diri. Namun ada kisah lain yang menyebutkan Nancy meninggal akibat diperkosa dan dibunuh.

Hingga kini, hantu Nancy ini dipercaya masih ada di SMA tersebut. Dia disebut masih suka kerap muncul di salah satu jendela yang kondisinya rusak.

JIka ada yang penasaran dan ingin melihat hantu ini, seseorang harus mengelilingi skeolah tersebut selama tiga kali.


4. Hantu Ambulans

Hantu Ambulans ini juga salah satu urban legends yang populer. Bahkan kisah Hantu Ambulans ini pernah dijadikan sebagai film bioskop dengan judul serupa pada 2008.

Kisah hantu ambulans konon berawal dari keluarga Belanda yang mengalai kecelakaan. Seluruh anggota keluarga tersebut tewas dalam peristiwa tersebut.

Jenazah keluarga tersebut kemudian diantar ke rumahnya menggunakan ambulans. Kini ambulans tersebut kerap muncul di Jalan Bahureksa nomor 15.

Namun, pada 2016, kisah hantu ambulans ini berakhir. Karena ambulans tersebut berhasil dipindah ke kota lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait