Bocah 2 Tahun Dimakan Kuda Nil, Akhirnya Selamat Setelah Dimuntahkan Kembali

  • Arry
  • 20 Des 2022 17:03
Ilustrasi kuda nil(@genetaylor1/unsplash)

Seekor kuda nil menyerang seorang bocah laki-laki berusia dua tahun di Uganda. Bocah tersebut sempat ditelan hingga separuh badan sebelum akhirnya dimuntahkan kembali.

Melansir CNN, Selasa, 20 Desember 2022, peristiwa ini terjadi di distrik Katwe-Kabatoro, Uganda bagian barat daya, pada 4 Desember 2022 sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Kasus ini baru dibuka kepolisian ke publik pada Jumat 16 Desember 2022.

Dalam pernyataannya, Kepolisian Uganda mengungkapkan kronologi kuda nil menelan bocah dua tahun itu. Peristiwa ini bermula saat bocah bernama Iga Paul sedang bermain di rumahnya yang berada di area Rwenjubu, dekat Danau Katwe.

Tiba-tiba datang seekor kuda nil. Dan entah bagaimana, separuh badan bocah tersebut tertelan kuda nil tersebut.

Baca juga
Mengerikan Singa di Taman Safari Bogor Ngamuk, Gigit Bumper Mobil Hingga Bolong

"Butuh keberanian seorang Chrispas Bagonza, yang ada di dekat lokasi, untuk menyelamatkan korban setelah dia melemparkan batu ke arah kuda nil itu dan menakutinya, yang membuat kuda nil itu melepaskan korban dari cengkeraman mulutnya," tutur juru bicara Kepolisian Uganda dalam pernyataannya.

Usai dimuntahkan kuda nil, bocah tersebut langsung dibawa ke klinik terdekat, sebelum akhirnya dibawa ke RS Bwera di Uganda barat. Polisi menyatakan, bocah tersebut mengalami luka di salah satu tangannya.

Polisi Uganda menyatakan, saat ini bocah tersebut sudah pulang dari ruah sakit setelah dinyatakan sembuh total. Dia juga telah menerima vaksin anti-rabies.

"Meskipun kuda nil itu takut dan kembali ke danau, semua warga di dekat area margasatwa dan habitat hewan seharusnya menyadari bahwa hewan liar sangat berbahaya," demikian pernyataan Kepolisian Uganda.

Baca juga
Petugas Kebersihan Taman Safari Tewas Diterkam Harimau

"Secara naluri, hewan liar melihat manusia sebagai ancaman dan interaksi apapun bisa menyebabkan hewan liar bertindak aneh atau agresif," imbuh pernyataan itu.

Kuda nil merupakan salah satu mamalia terbesar ketiga di Bumi. Giginya bisa mencapai panjang hingga 50,8 centimeter.

Hewan ini termasuk herbivora alias pemakan tumbuhan dan buah-buahan. Meski demikian, kuda nil termasuk salah satu hewan paling berbahaya di Bumi ini. Gigitannya bahkan disebut bisa mematahkan perau kano.

Baca juga: Ular Naga Jawa Juga Pernah Ditemukan di Sumedang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait