Ternyata Ini Beda Expired Date dan Best Before di Bungkus Makanan

  • Arry
  • 3 Jun 2023 17:35
Beda Expiry date dan Best Before(ist/unsplash)

Makanan dan minuman kemasan biasanya tercantum penulisan bulan dan tahun. Ada yang menunjukkan expired date, ada pula yang menuliskan best before atau best if used by date. Apa sih bedanya?

Melansir dari Web MD, expired date artinya tanggal kedaluwarsa dari makanan atau minuman kemasan tersebut. Hal ini biasa digunakan untuk produk makanan bayi, vitamin, dan bahan kue.

Maksud dari expired date alias tenggal kedaluwarsa ini adalah konsumen diharapkan tidak mengonsumsi makanan atau minuman lewat dari tanggal tersebut.

Kualitas makanan jika lewat tanggal tersebut akan mengalami penurunan kualitas produk. Seperti ragi kue tidak lagi aktif, perubahan tekstur bahan makanan, hingga manfaat dari yang ditawarkan oleh obat.

Baca juga
Jangan Tertukar, Ini Beda Best Before dan Expired Date

Sedangkan best before atau best by dates, berarti makanan atau minuman kemasan tersebut merujuk pada waktu terbaik makanan tersebut dikonsumsi.

Makanan tidak rusak atau basi jika dikonsumsi di luar tanggal tersebut. Namun, kualitas makanan tidak berada pada kondisi yang paling baik.

Produk yang biasanya mencantumkan best before adalah biskuit, kue, dan makanan kaleng.

Meski demikian, konsumen sebaiknya wajib memperhatikan dua istilah tersebut, baik expired date maupun best before. Hal ini untuk mendapatkan rasa yang terbaik dari makanan tersebut.

Artikel lainnya: 5 Tips Menyimpan Pisang Agar Tidak Cepat Busuk

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait