Polisi Ungkap Karyawan Saudara Frame Sempat Semprot Bensin Sebelum Ruko Terbakar

  • Arry
  • 19 Apr 2024 17:14
Kebakaran ruko bingkai lukisan di Mampang, Jakarta Selatan(ist/ist)

Kebakaran melanda sebuah ruko bingkai lukisan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang menewaskan 7 orang. Polisi mengungkapkan, sebelum kebakaran terjadi, karyawan sempat menyemprotkan bensin di ruko.

"Saksi 1 selaku karyawan menerangkan pada saat saksi bekerja di basement korban atas nama Suwandi menyemprotkan cairan berupa bensin ke kayu ring dekat kompresor karena ingin mengusir rayap," kata Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol David Kanitero, Jumat, 19 April 2024.

Saksi lain juga menyatakan, sebelum kebakaan terjadi, ada karyawan yang sedang memperbaiki kompresor untuk pemotong bingkai lukisan di dekat lokasi penyiraman bensin tersebut.

"Dan ada salah satu karyawan yang juga sedang membetulkan kompresor. Tiba-tiba ada percikan api yang mengenai area yang terkena bensin kemudian api menyambar dan membesar," jelasnya.

Baca juga
7 Orang Sekeluarga Tewas Terjebak di Kamar Ruko Terbakar di Mampang, 5 Lainnya Luka

"Saksi 2 menerangkan pada saat saksi 2 bekerja di basement, saksi 2 melihat korban atas nama Suwandi menyemprotkan cairan berupa bensin, sedangkan korban Ohim sedang memotong kayu," katanya.

"Tiba-tiba api langsung menyala dan terdapat ledakan. Menurut keterangan saksi 2 api diduga akibat uap bensin yang disiram korban Suwandi dan percikan dari mesin potong korban Ohim," imbuhnya.

Untuk diketahui, kebakaran ini terjadi pada Kamis, 18 April 2024 sekitar pukul 19.40 WIB. Pemadaman dilakukan hingga belasan jam.

"Ada ditemukan ruangan basement di bangunan toko ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari saksi, api pertama kali berasal dari basement tersebut," kata Kompol David.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan, menjelaskan, kebkaran ini menyebabkan 7 orang tewas dan lima liannya mengalami luka bakar.

Satriadi menjelaskan, tujuh orang itu terdiri dari 2 wanita dewasa, 3 pria dewasa, 1 anak di bawah umur, dan 1 balita. Mereka diduga adalah satu keluarga.

Selain itu, ada lima orang yang mengalami luka bakar. Mereka telah dibawa ke rumah sakit.

"3 Orang di RSPP dan 2 orang di RSUD Mampang," lanjut Satriadi.

Artikel lainnya: Hasil Liga Europa: Liverpool dan AC Milan Tersingkir, Leverkusen Selamat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait