Cuaca Ekstrem, BMKG Sebut Jakarta Hingga Jawa Tengah Siaga Banjir

  • Arry
  • 31 Okt 2021 17:45
BMKG(bmkg/bmkg.goo.id)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memperingatkan potensi cuaca ekstrem selama satu pekan ke depan hingga 6 November 2021. Sejumlah wilayah diminta siaga menghadapi banjir, termasuk Jakarta.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan, untuk periode 31 Oktober hingga 1 November 2021, ada enam wilayah berpotensi banjir dan banjir bandang dengan kategori Siaga.

"Yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan," kata Guswanto dalam keterangannya, Minggu, 31 Oktober 2021.

Guswanto menjelaskan, hal tersebut berdasarkan analisis terkait dinamika atmosfer yang menunjjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin. Dinamika tersebut mengaktifkan fenomena MJO, Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin.Hal ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

BMKG mengimbau masyarakat untuk melakukan persiapan antisipasi banjir. Antara lain memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola air.

"Melakukan penghijauan secara lebih masif. Lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi. Menggencarkan secara lebih masif sosialisasi, edukasi, dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi," ujarnya.

BMKG juga memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk periode 31 Oktober-6 November 2021. Berikut ini daftar wilayahnya:

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Riau
5. Kep. Riau
6. Jambi
7. Bengkulu
8. Sumatera Selatan
9. Kep. Bangka Belitung
10. Lampung
11. Banten
12. DKI Jakarta
13. Jawa Barat
14. Jawa Tengah
15. D.I. Yogyakarta
16. Jawa Timur
17. Bali
18. Nusa Tenggara Barat
19. Nusa Tenggara Timur
20. Kalimantan Barat
21. Kalimantan Tengah
22. Kalimantan Timur
23. Kalimantan Selatan
24. Sulawesi Utara
25. Sulawesi Tenggara
26. Gorontalo
27. Sulawesi Barat
28. Sulawesi Tengah
29. Sulawesi Selatan
30. Maluku Utara
31. Maluku
32. Papua Barat
33. Papua.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait