Gunung Semeru Meletus: 1 Orang Meninggal, 41 Luka-luka

  • Arry
  • 4 Des 2021 22:30
Gunung Semeru Meletus(humas/bnpb)

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 15.00 WIB. Satu orang dilaporkan meninggal dunia dan 41 orang mengalami luka-luka.

Korban yang mengalami luka saat ini sudah dibawa ke sejumlah puskesmas seperti Puskesmas Candipuro dan Penanggal untuk mendapat perawatan. Mereka rata-rata mengalami luka bakar.

"Ada 1 orang yang meninggal di Curah Kobokan," kata Wabup Lumajang, Indah Amperawati Masdar melalui konferensi pers bersama BNPB Pusat, Sabtu, 4 Desember 2021.

"Tadi sudah akan dibawa mobil ambulan dan mudah-mudahan sudah terangkut. Karena saya di sana tadi masih proses evakuasi," tambahnya.

Baca Juga
BREAKING NEWS: Gunung Semeru Meletus

Indah juga menjelaskan, sebanyak 41 orang mengalai luka-luka. Rata-rata mengalami luka bakar akibat terkena lahar panas.

"Yang luka-luka parah, luka bakar terkena lahar panas kurang-lebih ada 41 yang evakuasi di Puskesmas Penanggal," jelas Indah.

"Evakuasinya lamban karena mobil tidak bisa masuk ke lokasi dikarenakan lumpur setinggi lutut kaki," ujarnya.

Baca Juga
VIDEO: Detik-detik Letusan Gunung Semeru

"Yang luka bakar sangat parah kita rujuk ke RSUD dr Haryoto, RS Bhayangkara, dan sebagian di RS Pasirian," ujarnya.

"Di Puskesmas Candipuro ada sekitar tujuh orang yang sedang dirawat," sebutnya.

Baca Juga
Gunung Semeru Meletus, Jembatan yang Hubungkan Lumajang ke Malang Putus

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta agar warga yang berada di sekitar Gunung Semeru untuk menjauh dari lokasi.

"Agar masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi," tulis PVMBG.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait