Pelat Nomor Kendaraan Pribadi Berubah Jadi Putih, Kapan Berlaku?

  • Arry
  • 13 Agt 2021 07:13
Pelat nomor kendaraan pribadi akan diubah menjadi latar warna putih dan tulisan hitam(istimewa/istimewa)

Warna latar pelat nomor kendaraan pribadi resmi akan diganti dari hitam menjadi putih. Pergantian warna juga terjadi pada tulisannya dari putih menjadi hitam.

Keputusan pergantian warna pelat kendaraan pribadi tercantum dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Aturan itu ditandatangani Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dan sudah berlaku sejak 5 Mei 2021.

Berdasarkan peraturan tersebut, ketentuan warna baru pelat nomor kendaraan diatur dalam Pasal 45, yang berisi:

  • Putih tulisan hitam untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional.
  • Kuning tulisan hitam untuk kendaraan umum.
  • Merah tulisan putih untuk kendaraan instansi pemerintah.
  • Hijau tulisan hitam untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono sebelumnya mengatakan, tujuannya untuk optimalisasi penegakkan hukum.

"Perubahan TNKB ini, juga akan mendukung program ETLE, karena dibutuhkan visibilitas perubahan jenis TNKB yang memudahkan Camera menangkap identitas kendaraan bermotor," ucapnya saat FGD Perubahan Warna Tanda Nomor Kendaraan tahun lalu.

Baca Juga:
Penyekatan di Jakarta Saat PPKM Dihapus, Diganti Ganjil Genap

Sementara Kasubdit STNK Korlantas Polri, Komisaris Besar Taslim Chairuddin, mengatakan, perubahan warna latar pelat nomor kendaraan bertujuan untuk memudahkan proses tilang elektronik melalui CCTV.

"Sifat kamera (CCTV) itu menangkap warna hitam, kalau warna dasarnya hitam dan tulisannya putih maka pengidentifikasiannya agak masalah," ujar Taslim Kamis (12/8).

Selain itu, pergantian warna pelat nomor juga untuk membantu kamera pengawas menangkap bukti pendukung tindak kriminal, kecelakaan, dan kejahatan di lalu lintas.

Taslim pun menjelaskan bahwa perubahan warna pelat nomor tersebut juga mencontoh negara-negara maju yang sudah lebih dulu menerapkannya.

"Kita mencontoh negara-negara yang sudah lebih dulu menggunakan ETLE atau kamera CCTV sebagai pengawasan operasionalisasi lalu lintas," kata Taslim.

Kapan Mulai Berlaku? >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait