Bareskrim Sebut Bharada Eliezer Tembak Brigadir J Bukan Bela Diri, Tumbal?

  • Arry
  • 4 Agt 2022 10:37
Bharada E mendatang Komnas HAM(ist/ist)

Bharada E alias Bharada Richard Eliezer menjadi tersangka pembunuhan Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Bareskrim menyatakan tindakan Bharada E menembak Brigadir Yosua bukan tindakan bela diri.

Bareskrim Polri menyatakan Bharada E melakukan pembunuhan terhadap Brigadir Yosua tidak sendirian. Oleh karena itu, Bharada Eliezer dijerat dengan Pasal 338 KUHP Jo Pasal 55 dan 56 KUHP. Ancaman hukumannya adalah maksimal 15 tahun penjara.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian pun menegaskan, tindakan Bharada Eliezer menembak Brigadir Yosua bukan dalam rangka membela diri.

"Tadi sudah saya sampaikan Pasal 338 juncto 55 dan 56 KUHP jadi bukan bela diri," ujar Brigjen Andi Rian.

Baca juga
Bharada E Dijerat Pasal 338 KUHP, Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara dan Ditahan

Brigjen Andi Rian menjelaskan, kasus yang menjerat Bharada E ini adalah yang dilaporkan keluarga Brigadir Yosua. "Ini terkait laporan polisi yang disampaikan oleh keluarga Brigadir Yosua," kata Andi.

Kuasa hukum keluarga Brigadir Yosua, Kamaruddin Simanjuntak, menanggapi status tersangka yang menjerat Bharada Eliezer. Dia pun semakin yakin tidak ada peristiwa tembak menembak di rumah Irjen Ferdy Sambo pada saat kejadian berlangsung pada 8 Juli 2022.

"Dengan pernyataan dari Bareskrim Polri bahwa yang dilakukan oleh Bharada Richard Eliezer (Bharada E) bukan merupakan pembelaan diri (nodweer), semakin menguatkan apa yang kami selaku kuasa hukum yakini bahwa tidak ada peristiwa tembak-menembak," kata Kamaruddin.

Baca juga
Bharada E Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir Yosua, Ada Pihak Lain Terlibat

"Dan (diduga) yang terjadi adalah peristiwa penembakan dan juga kekerasan yang mengakibatkan tewasnya Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J)," sebutnya.

"Kalau saya mengatakan bukan baku tembak tapi pembunuhan terencana," ujarnya.

Dia pun menduga Bharada E hanyalah tumbal dalam kasus ini. "Iya (Bharada E diduga tumbal)," kata dia.


Selanjutnya dua tembakan Bharada E tewaskan Brigadir Yosua >>>

 

Berita Terkait