Apa Itu Tanaman Porang yang Disorot Jokowi, Ternyata Ini 7 Manfaatnya

  • Arry
  • 20 Agt 2021 06:59
Tanaman Porang yang banyak manfaat(Kominfo/jatimprov.go.id)

Presiden Joko Widodo menyebut tanaman prang bakal jadi komoditas ekspor andalan baru Indonesia. Dia pun meminta kementerian terkait untuk menggarap tanaman porang ini menjadi barang jadi yang siap ekspor.

"Porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah yang baik tidak hanya bagi perusahaan pengolah porang tetapi juga kepada para petani porang."

"Bayangkan, satu hektar lahan dapat menghasilkan 15 - 20 ton porang. Pada musim tanam pertama para petani dapat menghasilkan hingga 40 juta ton porang dalam 8 bulan. Nilainya sangat besar, pasarnya masih terbuka lebar."

"Ke depan, saya berharap, porang dapat diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah dan barang setengah jadi, namun sudah dalam bentuk beras porang," ujar Presiden RI Joko Widodo di akun Instagram-nya, Kamis (19/8).

Jokowi soroti tanaman porang

Apa sih tanaman porang itu?

Dilansir dari berbagai sumber, Porang adalah sejenis umbi-umbian yang biasa diolah menjadi beras shirataki, campuran produk kue, sampai kosmetik.

Porang memiliki nama marga Amorphophallus. Bentuk pohonnya berupa batang tunggal dan semu yang diameternya antara 5 mm hingga 50 mm.

Baca Juga:
Megawati Nangis Jokowi Disebut Kodok, Gibran: Sudah Biasa

Tanaman ini semakin populer karena menjadi bahan baku berbagai bahan makanan, obat-obatan hingga kosmetik. Hal ini karena porang memiliki kandungan glukomanan yang berada di bagian umbinya. Glukomanan berbentuk seperti tepung yang merupakan serat alami dan mudah dilarutkan dengan air.

Berikut beberapa manfaat porang yang penting:

1. Mencegah Penyakit Diabetes
Kandungan glukomanan dalam tanaman porang dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang terlalu berlebihan. Karena itu, porang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

2. Menurunkan Berat Badan
Manfaat porang yang satu ini sangat populer. Porang banyak diolah menjadi makanan diet seperti beras shirataki, konyaku, jelly dan lainnya.

Hal ini karena kandungan karbohidratnya mampu memenuhi kebutuhan tubuh dan membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tanaman ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Rutin mengkonsumsi tanaman porang juga bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat. Sebab, tanaman ini berkhasiat melancarkan peredaran darah sekaligus mengusir kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar akan menghindarkan kita dari risiko penyumbatan pembuluh darah.

4. Mengatasi Peradangan
Beberapa studi menunjukkan umbi tanaman porang mengandung zat anti-inflamasi, sehingga mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh bagian dalam.

Tidak hanya itu, kandungan glukomanan dalam porang juga bisa membuat luka cepat sembuh. Glukomanan bekerja dengan cara membangun sistem imun, yang secara efektif berdampak pada meningkatnya kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Baca Juga:
Mengenal Vaksin Moderna, Fakta yang Wajib Diketahui Sebelum Disuntik

5. Merawat Kesehatan Kulit
Porang juga diketahui mampu merawat dan memerangi bakteri penyebab jerawat. Karena itu, umbi porang juga banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

6. Menjaga sistem pencernaan
Seperti tanaman umbi-umbian lainnya, tanaman porang mengandung serat yang cukup tinggi. Karena itu tanaman ini berkhasiat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Selain itu, sifat anti inflamasi pada tanaman porang juga dapat meminimalisir terjadinya peradangan di bagian usus, sehingga mencegah terjadi kanker usus.

7. Bahan Baku Barang Industri
Kandungan dalam umbi porang dapat juga digunakan sebagai bahan perekat yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, porang dapat digunakan untuk bahan campuran cat dinding, kain wol, kapsul dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait