Sebut Gerombolan TNI, Effendi Simbolon Akhirnya Minta Maaf

  • Arry
  • 14 Sep 2022 14:00
Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon(dpr/youtube)

Anggota Komisi I DRP dari Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon, meminta maaf atas pernyataannya soal TNI sebagai gerombolan dan ormas.

Effendi Simbolon menyatakan telah meminta maaf langsung ke Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dia bertemu langsung dengan Panglima pada Selasa 13 September 2022.

"Kemarin saya jam 12 ada di kantor beliau (Andika). Saya ingin menanyakan sikap-sikap TNI dan saya juga menyampaikan maaf saya. Jadi saya mendahului dari yang difasilitasi oleh pak ketua saya," kata Effendi Simbolon di Jakarta, Rabu, 14 September 2022.

Effendi mengklaim telah dimaafkan Jenderal Andika. Sebab, lanjut Dia, Andika menyatakan tidak ada lagi masalah.

"Pak Panglima menyampaikan tidak ada masalah, jadi sangat clear. Silakan teman-teman menanyakan langsung, lebih elok kalau yang bersangkutan menyampaikannya," ujarnya.

Baca juga
Ini Pernyataan Lengkap Effendi Simbolon Soal Gerombolan TNI, Bikin Tentara Berang

Effendi menegaskan, dia tidak memiliki niat menyamakan TNI dengan ormas.

"Demi Allah, demi tuhan, saya tidak pernah men-judge sebagaimana yang beredar. Apalagi saya sendiri juga bagian dari keluarga besar dari TNI," imbuh Effendi.

Pernyataan kontroversi Effendi Simbolon itu dilontarkan saat rapat Komisi I DPR dengan TNI di gedung DPR pada 5 September 2022.

Rapat dihadiri Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan jajarannya. Namun Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman tidak datang dalam rapat tersebut.

“Tapi ada apa di TNI ini perlu kita. Kalau perlu, setelah kita pembahasan anggaran, kita jadwalkan nanti malam, kita hadirkan Kepala Staf angkatan Darat, hadirkan Panglima TNI, untuk membahas, kami banyak sekali ini temuan-temuan ini, insubordinasi, disharmoni, ketidakpatuhan, ini TNI kayak gerombolan ini, lebih lebih Ormas jadinya, tidak ada kepatuhan,” kata Effendi Simbolon saat itu.

Pernyataan itu langsung menuai kemarahan dari sejumlah anggota TNI. Mereka mempertanyakan apa maksud dari omongan politisi PDI Perjuangan itu.

"Hai, Effendi Simbolon, apa maksud Saudara mengatakan TNI seperti gerombolan lebih-lebih dari ormas. Kami tidak terima. Jangan adu domba TNI. TNI tetap solid. Kami tunggu klarifikasi Anda. Bravo, TNI," ujar anggota TNI.


Selanjutnya pernyataan lengkap Effendi Simbolon soal TNI sebagai gerombolan dan ormas >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait