BI Ganti Uang Tabungan Haji Pak Samin yang Dimakan Rayap, tapi Cuma Rp20 Juta

  • Arry
  • 15 Sep 2022 16:52
Tabungan Pak Samin untuk naik haji senilai Rp50 juta rusak dimakan rayap(ist/ist)

Pak Samin, seorang penjaga SD Negeri Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo, sedikit bernafas lega. Bank Indonesia bersedia mengganti sebagian uang tabungan haji miliknya yang rusak dimakan rayap.

Kepala Kantor KPC Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan pihaknya telah membantu Pak Samin mengidentifikasi uangnya yang dimakan rayap agar bisa ditukarkan.

"Selama dua hari kita identifikasi sisa uang kertas yang dimakan rayap. Pada hari Selasa yang kita identifikasi yang memenuhi syarat sebesar Rp 9.910.000," kata Joko, Kamis, 15 September 2022.

"Pada hari Rabu kami merangkai kembali potongan dan setiap serpihan kertas, hasilnya yang memenuhi syarat mendapatkan penggantian sebanyak Rp 10.310.000," ujarnya.

Baca juga
Miris, Tabungan Haji Rp50 Juta Milik Penjaga Sekolah Ini Rusak Dimakan Rayap

"Sehingga total uang sah yang mendapatkan penggantian sebanyak Rp 20.220.000. Ini jumlah optimal yang dapat BI bantu," jelasnya.

Sementara sisa uang kertas lainnya tidak dapat direkonstruksi ulang. Potongan-potongan kertas itu pun akan dimusnahkan BI.

Joko pun mengimbau kepada masyarakat agar menabung uangnya di bank. Sebab, uang akan lebih aman dan jika ada kerusakan bisa cepat teridentifikasi.

"Boleh menabung di celengan, tapi setiap satu atau dua bulan sekali disetorkan ke bank karena kalau ada kerusakan lebih cepat untuk teridentifikasi," ujarnya.

Pak Samin pun mengucapkan terima kasih kepada BI yang telah membantu dirinya mengidentifikasi ulang uang miliknya yang habis dimakan rayap.

"Petugas BI semalam membantu saya merangkai sampai jam 23.00 WIB, terima kasih telah membantu saya. Mari budayakan menabung seperti saya," ungkap Samin.

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait