Bus Rombongan Umrah Alami Kecelakaan Maut di Makkah, 2 WNI Tewas

  • Arry
  • 27 Okt 2022 18:05
Ibadah Haji(@konevi/unsplash)

Bus yang ditumpangi jemaah umrah asal Indonesia mengalami keelakaa maut di Makkah, Arab Saudi. Sebanyak dua WNI tewas dan enam lainya mengalami luka-luka.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, menjelaskan, kecelakaan terjadi pada Selasa, 25 Oktober 2022 pukul 23.30 waktu setempat. Kecelakaan merupakan kecelakaan tunggal.

"Kecelakaan bus jemaah umrah di wilayah Mekah. Pada 25 Oktober 2022, telah terjadi kecelakaan tunggal pada bus yang membawa jemaah WNI yang ada di wilayah Mekah. Kejadiannya tanggal 25 Oktober, pukul 11.30 malam," kata Judha dalam press briefing Kemlu, Kamis, 27 Oktober 2022.

"Ketika mendapatkan informasi ini KJRI Jeddah segera mengirimkan tim perlindungan WNI ke wilayah Makkah untuk berkomunikasi dengan otoritas setempat diperoleh informasi bahwa kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal yang tidak melibatkan pihak lain," jelasnya.

Baca juga: Kisah Nurkhalis dan Maftuhah Bayar Ongkos Haji Pakai Uang Receh dari Jualan Siomay

"Nah, kecelakaan ini menewaskan dua warga negara Indonesia, yaitu driver dan muthawif," tuturnya.

Selain itu, sebanyak enam WNI juga mengalami luka-luka akibat kecelakaan tersebut. Namun, lima orang jemaah sudah diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Sedangkan satu lainnya masih menjalani perawatan.

"Tercatat enam jemaah umrah yang mengalami luka-luka. Saat ini untuk yang luka-luka dirawat di Rumah Sakit King Abdul Aziz Mekah dan 5 di antaranya telah dapat melanjutkan perjalanan umrah. Satu masih dalam perawatan," kata Judha.

"Atas kecelakaan ini, kami mengucapkan turut berdukacita dan KJRI Jeddah telah memberikan bantuan dan siap memberikan bantuan kepada jemaah dan juga WNI," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait