Nomor Seri Uang Mahar Kaesang ke Erina Unik, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

  • Arry
  • 16 Des 2022 16:53
Uang mahar Kaesang Pangarep ke Erina Gudono memiliki nomor seri yang unik(tangkapan layar/youtube jokowi)

Uang mahar yang diberikan Kaesang Pangarep ke Erina Gudono mendapat sorotan. Sebab, nomor seri dari uang yang diberikan sangat unik. Bagaimana cara mendapatkannya?

Untuk diketahui, Kaesang memberikan uang mahar sebesar Rp300 ribu ke Erina Gudono. Ada tiga lembar uang Rp100.000 dengan nomor seri KSE 10122022, ESG 111296, dan KSP 251294.

Tiga nomor seri itu memiliki arti mendalam. Uang nomor seri KSE 10122022 sendiri menunjukkan singkatan dari Kaesang Erina dan tanggal pernikahan yakni 10 Desember 2022.

Sementara itu uang dengan nomor seri ESG 111296 adalah inisial Erina Sofia Gudono dan tanggal lahirnya, yakni 11 Desember 1996. Sedangkan uang dengan nomor seri KSP 251294 merupakan inisial Kaesang Pangarep dan tanggal lahirnya 25 Desember 1994.

    Uang mahar Kaesang Pangarep ke Erina Gudono memiliki nomor seri yang unik

Bagaimana cara mendapatkan uang dengan nomor seri unik tersebut?

Bank Indonesia mengklaim uang tersebut tidak dicetak secara khusus untuk putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut. Uang tersebut disebut sudah dicetak dan kemudian ditukar oleh Kaesang.

"Uang yang sudah dicetak itu kan ada nomor serinya, kebetulan ada yang cocok. Jadi, ya sudah ya itu kemudian ditukarkanlah uang itu dengan nomor seri yang cocok," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, Jumat, 16 Desember 2022.

Erwin menjelaskan, BI mencetak uang rupiah kertas dengan memberikan nomor seri yang menerapkan pola kombinasi berurutan (aritmetik) mengikuti urutan huruf dan angka sedemikian rupa. Hal ini agar tidak ada nomor seri ganda.

Uang rupiah yang sudah dicetak kemudian disimpan di khazanah Bank Indonesia untuk menjadi persediaan uang nasional dan memenuhi kebutuhan layanan kas.

"Jadi tidak benar kalau BI melakukan pencetakan khusus. Kalau dicetak secara khusus, kitanya yang repot," ujarnya.

"Jadi memang karena sudah ada di dalam khazanah BI saja, kebetulan nomornya pas ya terus kemudian ditukarkan," ujarnya.

Baca juga: Menteri Muhadjir Sempat Nyatakan 26 Desember Cuti Bersama, Eh Dibatalin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait