Jenderal Andika Perkasa Diberhentikan, Laksamana Yudo Margono Resmi Jadi Panglima TNI

  • Arry
  • 19 Des 2022 14:09
Pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI(humas/setkab.go.id)

Laksamana Yudo Margono resmi menjadi Panglima TNI. Dia menggantikan posisi Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan ini didasarkan pada Keppres Nomor 91 TNI Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

“Memutuskan menetapkan dan seterusnya kesatu. Memberhentikan dengan hormat Jend TNI Andika Perkasa, dari jabatannya sebagai Panglima TNI disertai ucapan terima kasih atas jasa jasanya selama memangku jabatan tersebut,” kata Sesmil Presiden Laksda TNI Hersan membacakan Keppres, Senin, 19 Desember 2022.

“Kedua mengangkat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia,” sambung Hersan.

Baca juga
Sosok Laksamana Yudo Margono, Calon Panglima TNI Pilihan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan Laksamana Yudo.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggungjawab,” ujar Yudo dalam penggalan sumpahnya yang dipandu Jokowi.

Saat pelantikan, Presiden Jokowi memberikan pesan kepada Laksamana Yudo agar mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI.

"Saya sudah pesankan untuk pertama, menjaga kedaulatan NKRI; kedua, menjaga persatuan dan kesatuan kita; kemudian juga menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI yang sekarang sudah paling tinggi. Kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang terus harus ditingkatkan," kata Jokowi usai pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/12).

"Karena penting stabilitas politik, stabilitas keamanan itu penting, dalam rangka pembangunan negara, pembangunan ekonomi, dan dalam situasi yang tidak pasti karena ketidakpastian global," lanjutnya.

Jokowi pun menjelaskan, sudah mengantongi calon pengganti Laksamana Yudo Margono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut atau Kasal.

"Secepatnya [dilantik]. Sudah ada calonnya, yang jelas bukan dari bintang satu, bukan dari bintang dua, tapi dari bintang tiga," tutupnya.

Dalam pelantikan itu, hadir sejumlah pejabat seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Panglima TNI 2021-2022 Andika Perkasa, Menhan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua MK Anwar Usman dan pejabat negara lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait