Gempa Darat 5,4 Skala Richter Guncang Jayapura, 4 Warga Tewas

  • Arry
  • 9 Feb 2023 16:43
Gempa 5,4 skala Richter yang berpusat di darat mengguncang Jayapura(humas/bnpb)

Gempa berkekuatan 5,4 skala Richter mengguncang Jayapura, Papua, Kamis, 9 Februari 2023. Sebanyak empat warga dilaporkan meninggal dunia akibat gepa ini.

Data BMKG menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 15.28 WIT dan berpusat pada 2,60 lintang selatan dan 140,66 bujur timur. Pusat gempa berada di darat 9 km barat daya Kota Jayapura pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid menjelaskan, akibat gempa ini, sebanyak empat warga meninggal dunia. Keempat warga itu ditemukan tertimpa bangunan kafe yang roboh.

"Kafe ada yang roboh dan di perairan Jayapura, ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud," kata Asep dalam keterangan tertulisnya.

    Gempa 5,4 skala Richter yang berpusat di darat mengguncang Jayapura

Asep menjelaskan, gempa dirasakan uat selama 2-3 detik. Masyarakat langsung panik dan berhamburan ke luar rumah.

“Gempabumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempabumi sedang berjalan,” ujar Asep.

Asep melaporkan bahwa beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan. Beberapa pasien RSUD Kota Jayapura turut diungsikan ke halaman gedung untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Keluar-keluar betul. Semuanya (pasien) di luar," jelas Asep.

“Kami di tim TRC sebagian memantau di lokasi. Kami di sini ada bangun posko untuk kita buat laporan. Selebihnya tim BPBD Provinsi Jayapura juga bantu tenda di RSUD,” jelas Asep.

Artikel lainnya: Tiket Masuk Candi Borobodur Bakal Naik Jadi Rp100.000-150.000, Turis Asing Rp500 Ribu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait