Survei Litbang Kompas: PDIP-Gerindra Bersaing, Demokrat Melejut, PKS-PAN Tak Lolos

  • Arry
  • 23 Mei 2023 11:16
Gedung DPR(dpr/dpr.go.id)

Litbang Kompas mengeluarkan rilis survei elektabilitas partai politik alias parpol jelang Pemilu 2024. Hasilnya, PDIP dan Partai Gerindra bersaing. Sedangkan Demokrat melejit, dan PKS merosot.

Survei ini dilakukan Kompas pada 29 April hingga 10 Mei 2023. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Dari hasil survei, elektabilitas PDIP naik dari 22,9 persen menjadi 23,3 persen. Sementara Gerindra naik dari 14,3 persen menjadi 18,6 persen.

Partai Demokrat melejit ke urutan ketiga, menggeser Partai Golkar. Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono itu memiliki elektabilitas 8 persen, menyalip Golkar yang meraih 7,3 persen.

    Survei Litbang Kompas elektabilitas partai politik Pemilu 2024 (kompas.id)

Sementara itu, elektabilitas PKS turun dari 4,8 persen menjadi 3,8 persen. Kemudian PAN memiliki 3,2 persen, dan PPP 2,9 persen.

Dengan raihan tersebut, tiga partai ini diperkirakan tidak bakal lolos ke Senayan karena tidak memenuhi ambang batas parlemen yakni 4 persen.

Sementara partai non parlemen dan parpol baru harus berjuang lebih giat untuk meningkatkan elektabilitas mereka. Total mereka hanya memiliki 5 persen total elektoralnya. Sedangkan partai politik yang saat ini duduk di kursi DPR memiliki 78,9 persen.

Artikel lainnya: Sejarah Toko Buku Gunung Agung: Bermula dari Kios Rokok Seorang Mualaf

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait