Menpan RB Ungkap Usulan Libur Idul Adha 28-30 Juni 2023

  • Arry
  • 19 Jun 2023 19:53
Ilustrasi Kalender(Release Insider/Release Insider)

Pemerintah terus menggodok libur tambahan terkait Hari Raya Idul Adha. Ada usulan libur Lebaran Haji berlangsung selama tiga hari.

Untuk diketahui, Pemerintah telah menetapkan libur nasional pada 29 Juni 2023 dalam rangka hari raya Idul Adha. Sementara PP Muhammadiyah mengusulkan 28 Juni juga sebagai hari libur lantaran mereka merayakan Idul Adha pada tanggal itu.

Namun kini ada usulan tambahan libur pada 30 Juni. Tanggal tersebut jatuh pada hari Jumat.

"Ada usulan selain libur nasional tanggal 29, tanggal 28 itu diusulkan jadi cuti bersama. Kemudian tanggal 30 kan kejepit itu. Diusulkan juga jadi cuti bersama," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Senin, 19 Juni 2023.

Baca juga
Pemerintah Beri Sinyal Libur Idul Adha Jadi 2 Hari

"Nah ini sedang menunggu proses. Mudah-mudahan segera keluar keputusannya. Kira-kira gitu. Jadi bukan semata-mata usulan dari teman-teman Muhammadiyah," tuturnya.

Azwar Anas menjelaskan, penambahan cuti bersama ini bukan karena usulan Muhammadiyah saja. Namun, bertepatan juga dengan libur sekolah.

"Ini kan sedang libur anak-anak sekolah, sehingga kualitas keluarga ini supaya ke depan semakin bagus," jelas Azwar.

"Tapi secara keseluruhan ini adalah terkait dengan bagaimana ekonomi ini juga bergerak ke daerah. Karena setiap libur yang lebih dari 2 hari itu pergerakan ke daerah juga tinggi. Dan mendorong pemerataan ekonomi tumbuh di berbagai kawasan," jelas mantan Bupati Banyuwangi itu.

Untuk diketahui, pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023. Sementara itu PP Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha jatuh pada 28 Juni.

Artikel lainnya: Berkicau di Twitter: SBY Bermimpi Naik Kereta Bareng Jokowi Jemput Megawati

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait