Skandal Pelecehan Finalis Miss Universe Indonesia: Terungkap Inisiator Body Checking

  • Arry
  • 15 Agt 2023 09:46
Grand Final Miss Universe Indonesia 2023(@missuniverse_id/instagram)

Polisi mulai memeriksa sejumlah pihak terkait kasus dugaan pelecehan seksual finalis Miss Universe Indonesia 2023. Dalam pemeriksaan pun terungkap siapa yang menjadi inisiator pemeriksaan tubuh alias body checking para peserta.

Kuasa hukum 7 finalis Miss Universe Indonesia, Melissa Anggraini, mengungkapkan kliennya telah dimintai keterangan terkait dugaan pelecehan yang mereka alami.

"Alhamdulillah sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 7 korban dan 2 saksi," kata Melissa Anggraini di Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

"Ada beberapa perbedaan dari keterangan masing-masing korban ini bagaimana dugaan pelecehan itu dilakukan terhadap mereka, jadi ada yang diambil fotonya, ada yang dibentak, ada yang merasa terintimidasi, itu sudah mereka sampaikan secara rinci di berita acara," beber Melissa Anggraini.

Baca juga
Polisi: Body Checking Miss Universe Indonesia di Tempat Sedikit Terbuka, Ada 3 Pria

Melissa mengungkapkan, para finalis sempat menolak hingga menangis saat dipaksa oknum untuk melepas busana saat body checking.

"Iya menolak, ada yang menangis ternyata ada yang mempertanyakan 'Kenapa harus difoto?' dan 'Kenapa harus saya yang difoto?'," kata Melissa Anggraini.

"Kita terintimidasi, sulit untuk mereka yang mengalami. Mereka berkomunikasi konsultasi sama keluarga akhirnya mereka bisa menyimpulkan mereka tidak seharusnya checking body," tutur Melissa Anggraini.

Melissa pun mengungkapkan sosok yang meninisiasi body checking. "Ya itu COO (inisiator body checking)," kata Melissa Anggraini.

Baca juga
Ada Skandal Pelecehan, PT Capella Dicoret Jadi Penyelenggara Miss Universe Indonesia

"Tentu-tentu (COO dilaporkan). Itu pasti kita laporkan, nanti akan ditelusuri oleh Polda gimana peranan dia, benarkah semua yang disampaikan korban ini benar-benar bersesuaian," tuturnya.

"Ada satu fakta yang didalami oleh pihak Polda terkait siapa-siapa saja sebenarnya yang terlibat dalam proses karantina yang sampai dilakukan body checking," ujar Melissa Anggraini.

Usai memeriksa pelapor, polisi juga akan memeriksa terlapor dalam kasus dugaan pelecehan seksual.

"Dalam waktu dekat, pihak Polda PPA akan memanggil terlapor untuk dimintai keterangan juga atas apa yang disampaikan oleh para korban hari ini," ujarnya.

Artikel lainnya: Liga Inggris: Tandukan Varane Menangkan MU Atas Wolves

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait