Kecelakaan Bus Eka vs Bus Sugeng Rahayu di Ngawi, Ini Penyebab dan Kronologinya

  • Arry
  • 31 Agt 2023 17:25
Kecelakaan maut Bus Eka Cepat vs Bus Sugeng Rahayu yang adu banteng di Jalur Ngawi, Jawa Timur(ist/ist)

Sebuah kecelakaan adu banteng antara Bus Eka Cepat vs Bus Sugeng Rahayu di Jalur Ngawi-Madiun, Jawa Timur pada Kamis, 31 Agustus 2023. Polisi akhirnya menguak penyebab dan kronologi kecelakaan yang mengakibatkan tiga orang tewas dan 15 lainnya luka-luka.

Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan, sejauh ini ada dua penyebab utama kecelakaan dua bus itu terjadi. Yani kelalaian pengemudi bus dan kurang hati-hatinya pejalan kaki.

"Laka itu terjadi di jalanan yang lurus dengan lampu penerangan yang cukup, diduga keras akibat kelalaian pengemudi Bus Sugeng dan pejalan kaki yang dihindarinya," ujar Taslim saat dikonfirmasi.

Taslim menjelaskan, peristiwa itu melibatkan Bus Sugeng Rahayu nopol S 7551 US dan bus Eka nomor polisi W 7572 UY. Kecelakaan maut ini terjadi di Jalan Raya Ngawi-Maospati, di Desa Tambakromo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur sekitar pukul 05.00 WIB.

Baca juga
Kecelakaan Maut Bus Sugeng Rahayu vs Eka Cepat di Ngawi: Atap Bus Terlepas, 3 Tewas

Menurut Tasli, kecelakaan berula saat Bus Sugeng Rahayu melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Ngawi menuju Madiun atau Surabaya. Saat melintas lokasi kejadian, tiba-tiba ada seorang pejalan kaki yang hendak menyeberang.

Sopir bus Sugeng kaget dan membanting setirnya ke kanan. Dari sisi kanan, melintas Bus Eka Cepat yang melaju dari sisi berlawanan.

"Informasinya Bus Sugeng, saat menghindari pejalan kaki, banting setir, berpindah jalur dan bertabrakan dengan depan kanan Bus Eka Cepat yang datang dari arah berlawanan," jelasnya.

"Artinya kelalaian diawali pejalan kaki yang dimungkinkan akan menyeberang jalan dengan tidak melihat situasi, kemudian kelalaian juga dilakukan pengemudi bus yang tidak menjaga kecepatan, sehingga ketika ada pejalan kaki yang menyeberang atau akan menyeberang jalan, tidak mampu mengendalikan kendaraan sehingga terjadi laka tersebut," ujarnya.

Selanjutnya kondisi bus dan penumpang >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait