Ridwan Kamil Hingga Ganjar Pranowo Selesai Jabatan 4 September, Ini Daftar Pengganti

  • Arry
  • 1 Sep 2023 21:44
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil(humas/pemkot solo)

Sebanyak 10 gubernur akan habis masa jabatannya pada 4 September 2023. Presiden Joko Widodo pun sudah menyiapkan penggantinya.

Para gubernur yang habis masa jabatan antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, hingga Gubernur Bali I Wayan Koster.

Jabatan mereka akan kosong hingga Pilkada Serentak yang akan digelar pada 2024. Posisinya akan diisi oleh Penjabat Gubernur.

10 Gubernur yang akan habis masa jabatannya adalah:

1. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat pada 2018. Saat itu dia berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum. Pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul diusung empat parpol, yakni PPP, PKB, Partai NasDem, dan Partai Hanura.

2. Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo terpilih menjadi Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2018. Dia berpasangan dengan Taj Yasin. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Nasdem, dan Demokrat.

3. Edy Rahmayadi

Edy Rahmayadi terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada 2018. Mantan Ketum PSSI ini diusung Hanura, PKS, PAN dan Gerindra.

4. I Wayan Koster

I Wayan Koster diangkat diangkat menjadi Gubernur Bali pada Pilkada 2018. Saat itu politisi PDI Perjuangan itu diusung PDIP, Hanura, PAN, dan PKPI.

Baca juga
Mereka yang Tolak Timnas Israel Main di Piala Dunia U-20: Ganjar, Koster, PDIP, PKS

5. Lukas Enembe

Lukas Enembe juga akan berakhir masa ajabatannya pada September 2023. Enembe yang kini menjadi terdakwa korupsi APBD Papua itu diusung Partai Demokrat, Golkar, NasDem, Hanura, PAN, PKB, PKS, PKPI, PPP, dan Partai Bulan Bintang.

6. Viktor Laiskodat

Viktor Laiskodat merupakan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT). Politisi Partai NasDem itu diusung oleh NasDem dan Golkar.

7. Zulkieflimansyah

Masa jabatan Zulkieflimansyah sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat juga berakhir pada September 2023. Dia diusung PKS dan Demokrat pada Pilkada NTB 2018.

8. Sutarmidji

Sutarmidji akan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur Kalimantan Barat pada September 2023. Sutarmidji diusung Partai Golkar, Nasdem, PKB, PKS, dan Hanura dalam Pilkada 2018.

9. Ali Mazi

Ali Mazi Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi akan mleepas jabatannya pada September 2023. Ali Mazi diusung Golkar dan Nasdem pada Pilkada Sulawesi Tenggara 2018.

10. Andi Sudirman Sulaiman

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman juga akan mengakhiri masa jabatan pada September 2023. Andi Sudirman sebelumnya terpilih adalah Wakil Gubernur Sulawesi Selatan yang menggantikan posisi Nurdin Abdullah yang dicopot sebagai gubernur karena kasus korupsi. Andi Sudirman diusung oleh PDI-P, PKS, dan PAN.

Kini Presiden Joko Widodo telah menyiapkan 10 penjabat gubernur untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Ridwan Kamil Cs. Berikut daftar nama pejabat yang ditunjuk menjadi pj Gubernur dan wilayah tugasnya:

1. Nana Sudjana

Nana akan menggantikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang masa jabatannya akan habis pada 5 September 2023. Nana Sudjana pernah menjabat Kapolda Metro Jaya yang kini menjadi Inspektur Utama Setjen DPR RI.

2. Bey Machmudin

Bey Machmudin ditunjuk menggantikan Ridwan Kamil sebagai penjabat Gubernur Jawa Barat. Saat ini Bey menjabat sebagai Karo Pers, Media dan Informasi Setpres.

3. Hasanudin

Hasanudin akan menggantikan Edy Rahmayadi sebagai penjabat Gubernur Sumatera Utara. Dia merupakan mantan Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan Mayjend TNI (purn).

4. Sang Made Mahendra Jaya

Sang Made Mahendra akan menggantikan I Wayan Koster sebagai Penjabat Gubernur Bali. Sang Made merupakan salah satu Perwira Tinggi Polri dan seorang jenderal bintang dua.

5. Ridwan Rumasukun

Ridwan Rumasukin akan menggantikan posisi Lukas Enembe sebagai penjabat Gubernur Papua. Saat ini dia adalah salah satu pejabat di Provinsi Papua.

6. Ayodhia Kalake

Ayodhia Kalake akan menggantikan Viktor Laiskodat sebagai penjabat Gubernur NTT. Saat ini Ayodhia menjabat Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi.

7. Lalu Gita Ariadi

Lalu Gita Ariadi ditugaskan menggantikan Zulkieflimansyah sebagai penjabat Gubernur NTB. Saat ini dia menjabat Sekda NTB.

8. Harrison Azroi

Harrison Azroi ditunjuk menjadi Pj Gubernur Kalimantan Barat menggantikan Sutarmidji.

9. Andap Budhi

Sekjen Kemenkumham Andap Budhi ditugaskan menjadi penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara menggantikan Ali Mazi.

10. Bachtiar Badaruddin

Bachtiar Badaruddin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan menggantikan Andi Sudirman Sulaiman.

Artikel lainnya: Drawing Liga Europa: Liverpool-Roma Masuk Grup Mudah, Ajax-Marseille di Grup Neraka

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait