Ini Koleksi Prasejarah di Museum Nasional yang Terbakar

  • Arry
  • 17 Sep 2023 12:28
Museum Gajah Alias Museum Nasional Kebakaran(ist/ist)

Kebakaran di Museum Nasional berdampak pada koleksi yang disimpan di bangunan yang dikenal sebagai Museum Gajah tersebut. Sebagian koleksi disebut terbakar.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra menjelaskan, koleksi Museum Nasional yang terbakar adalah replika yang berada di bagian praasejarah.

"Sebagian koleksi yang terdampak ialah replika, seperti di bagian prasejarah. Sisanya dipastikan aman," kata Ahmad Mahendra dalam siaran tertulis, Minggu, 17 September 2023.

Mahendra menjelaskan, area museum yang terdampak adalah sebagian area Gedung A. Sementara Gedung B dan C tidak terdampak.

Baca juga
Dugaan Sementara Penyebab Museum Nasional Terbakar: Letupan Api dari AC

Meski demikian, koleksi yang berupa repatriasi dari Belanda tidak terdampak kebakaran. Karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran" tuturnya.

Untuk diketahui, koleksi hasil repatriasi dari Belanda ini berupa koleksi benda sejarah milik Indonesia di Belanda yang sudah dipulangkan ke Indonesia.

Baca juga
Yang Terbakar Gedung A Museum Nasional, Simpan Koleksi Prasejarah

Koleksi ini berupa empat arca Kerajaan Singasari yang terdiri dari Durga Mahisasuramardini, Mahakala, Nandiswara, dan Ganesha.

Mahendra menjelaskan, kini pihaknya tengah mengidentifikasi penyebab kebakaran tersebut.

"Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya," tutup Mahendra.

Artikel lainnya: Jokowi Klaim Tahu Isi Jeroan Parpol: Mereka Mau ke Mana, Saya Ngerti

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait