Fakta Kecelakaan Maut Exit Tol Bawen: Kronologi, Kesaksian, Identitas Korban

  • Arry
  • 25 Sep 2023 08:38
Kecelakaan Maut Exit Tol Bawen Semarang(ist/ist)

Kecelakaan maut terjadi di exit Tol Bawen, Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu, 23 September 2023 malam. Belasan kendaraan ditabrak truk tronton yang diduga mengalami rem blong. Akibatnya 3 orang tewas dan puluhan luka-luka.

Berikut fakta mengerikan yang terungkap:

  • Kronologi kecelakaan maut

Seorang skasi mata mengungkapkan kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 18.20 WIB. Saat itu sebuah truk yang tengah melaju dari Semarang ke arah Solo menabrak sejumlah kendaraan yang sedang berhenti di lampu merah.

"Dari jauh sudah terdengar suara klakson yang keras. Namun para pengendara yang berhenti di traffic light tidak minggir dan fokus ke lampu. Kemudian terjadi kecelakaan, suaranya sangat keras," kata Nardi.

Baca juga
Kecelakaan Maut di Exit Tol Bawen Semarang: Mobil-Motor Terbakar, Ada yang Tewas

Akibat kecelakaan itu, sejumlah motor dan mobil mengalami kerusakan parah. Bahkan ada pula yang terbakar.

Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra mengatakan, kecelakaan yang disebabkan rem blong truk melibatkan sembilan motor dan enam mobil.

"Ini semua masih dalam proses identifikasi, baik kendaraan maupun korbannya," kata Achmad.

"Sementara untuk pengemudi dan kernet truk juga sudah diamankan. Nanti kita mintai keterangan untuk pendalaman lebih lanjut," ujarnya.

  • Kesaksian korban selamat

Salah sayu korban selamat bernama Adrianto Bagas Mahendra mengungkapkan detik-detik mengerikan di lampu merah exit tol Bawen. Bagas mengaku obilnya ikut menjadi korban. Dia berhasil keluar dari jendela mobil yang pecah.

"Saya dari Kota Semarang, habis melayat teman kantor. Selama perjalanan juga tidak ada firasat yang aneh-aneh. Perjalanan biasa, sampai di Bawen itu juga pelan. Karena sampai di traffic light Bawen lampu merah, saya berhenti," kata Bagas.

Baca juga
Kecelakaan Maut Exit Tol Bawen: Truk Hantam 4 Mobil dan 9 Motor, 3 Tewas

Menurutnya, saat berhenti di lampu merah, dia mendengar suara klakson panjang dari truk.

"Saya sempat menengok itu, tapi tiba-tiba ada menabrak dari belakang cukup keras," ungkap dia.

"Bersyukur masih diberi keselamatan karena kecelakaannya cukup keras, luka di tubuh. Kondisi mobil juga rusak parah hingga ringsek," kata Bagas.

  • Penyebab kecelakaan

Polisi mengungkapkan berdasarkan dugaan sementara karena truk mengalami rem blong. Polisi akan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) melalui teknologi tiga dimensi.

"Kbm Truk AD 8911 IA melaju dari Bawen tujuan Salatiga, setiba di TL Ungaran exit tol Bawen di gardu 04 tiba-tiba rem truk mengalami kendala, rem blong, kemudian menabrak empat mobil dan sembilan sepeda motor," kata Kabid Humas Polda jawa Tengah, Kombes Satake Bayu.

Selanjutnya >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait