Update Korban Erupsi Gunung Marapi: 75 Pendaki Sudah Ditemukan, 23 Orang Tewas

  • Arry
  • 7 Des 2023 07:47
Proses evakuasi korban erupsi Gunung Marapi(humas/bnpb)

Seluruh pendaki yang mendaki Gunung Marapi saat meletus pada Minggu, 3 Desember 2023 telah ditemukan. Total 52 ditemukan selamat dan 23 orang meninggal dunia.

"Semua korban sudah ditemukan, terakhir satu orang meninggal dunia," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Ichwan Pratama Danda dalam keterangan tertulis dari BNPB yang diterima Newscast.id, Kamis, 7 Desember 2023.

"Dengan begitu untuk pencarian dan pertolongan yang dikomandoi rekan Basarnas, sesuai hasil rapat evaluasi tadi dan sudah ditemukan, operasi SAR kita tutup," ujarnya.

Berikut adalah daftar korban jiwa meninggal dunia yang telah teridentifikasi:

  1. Muhammad Adan/21th/L
  2. Muhammad Teguh Amanda/19th/L
  3. Nazahra Adzin Mufadhol/22th/L
  4. Muhammad Alfikri/19th/L
  5. Nurva Afitri/27th/P
  6. M. Wilki Syaputra/20th
  7. Divo Suhandra/26th
  8. Afranda Junaidi/26th
  9. Wahlul Alde Putra/19th
  10. Riski Rahmat Hidayat/20th
  11. Reyhani Zahra Fadli/18th
  12. Filhan Alfiqh Faizin/18th
  13. Aditya Prasetyo/20th
  14. Yasirli Amri/20th
  15. Irfandi Putra/21th
  16. Muhammad Iqbal/23th
  17. Ilham Nanda Bintang/21th
  18. Novita Intan Sari/39th
  19. Lenggo Baren/19th
  20. Zikri Habibi/19th
  21. Liarni/22th
  22. Frengki Chandra Kusuma/23th
  23. Siska Alfina

Ichwan menjelaskan, BPBD Kabupaten Agam akan tetap mengaktifkan posko tanggap darurat. Menurutnya, hal tersebut untuk mengantisipasi apabila masih ada pihak yang mencari anggota keluarganya yang diduga mendaki Gunung Marapi.

"Tapi untuk BPBD, posko tanggap darurat masih akan kita aktifkan dalam situasi darurat ini, karena mana tahu ada keluarga yang mencari anggota keluarganya maka bisa mencari ke sini (posko) dengan membawa data valid dan kami lebih sarankan apabila ada yang mencari untuk datang ke posko karena kalau lewat telepon rawan miskomunikasi," tambahnya.

Sementara itu, pihak BPBD juga direncanakan akan berkoordinasi dengan lintas instansi mulai dari instansi yang menangani sektor pertanian, kehutanan, hingga kesehatan guna menangani dampak lanjutan dari erupsi Gunung Marapi ini.

Ia juga memberikan imbauan kepada masyarakat di sekitar Gunung Marapi untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari puncak. Selain itu, masyarakat yang berada di 4 kecamatan terdekat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak terpancing isu yang masih simpang siur dan tidak menyebarkan informasi yang belum bisa diverifikasi kebenarannya. Harap selalu mengikuti arahan dan imbauan dari pemerintah daerah setempat.

Artikel lainnya: Iwan Fals Sarankan Agar Rujuk dengan Natasha Rizky, Begini Reaksi Desta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait