Arak-arakan Jasad Lukas Enembe di Jayapura Ricuh, Pj Gubernur Papua Kena Timpuk Batu

  • Arry
  • 28 Des 2023 15:37
Masyarakat pengantar jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe ke pemakaman di Jayapura(ist/ist)

Kericuhan terjadi saat arak-arakan pembawa jenazah mantan Gubernur papua Lukas Enembe di Jayapura. Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun pun menjadi korban terkena lemparan batu.

Massa mengarak peti jenazah Lukas Enembe ke tempat persemayamannya di lapangan STAKIN, Kabupaten Sentani, Jayapura, Papua, Kamis, 28 Desember 2023.

"Memang sempat terjadi kericuhan yang sedang dalam penyelidikan kenapa beberapa orang massa terprovokasi untuk melakukan upaya-upaya penyerangan terhadap aparat keamanan dan juga pemda," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo.

"Di antara beberapa korban di antaranya Bapak Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun mendapatkan luka akibat lemparan batu dan beberapa aparat keamanan baik itu Brimob, TNI dan juga mobil polisi juga tersasar aksi penyerangan atau anarkis tersebut dengan melakukan pembakaran mobil polisi," sambungnya.

    Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun pun menjadi korban terkena lembaran batu (ist)
Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun pun menjadi korban terkena lembaran batu (ist)

"Dan ini saya berharap masyarakat agar tetap tenang yang masih jauh dari lokasi agar tidak keluar dari tempat masing-masing atau tetap berada di tempat masing-masing agar tidak mudah terprovokasi," jelasnya.

Rencananya, Lukas Enembe akan dimakamkan sore ini di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. Sebelum pemakaman, jenazah almarhum dibawa ke Gerung STAKIN Sentani untuk mendapat penghormatan terakhir dari masyarakat Papua.

“Jadi Bapak (almarhum Lukas Enembe) di dalam mobil jenazah dan adik-adik mahasiswa jalan di depan, tetapi harus menjaga keamanan supaya tetap kondusif,” kata Wakil Ketua DPR Papua Yunus Wonda di hadapan masyarakat dan mahasiswa saat hendak mengantarkan ke STAKIN Sentani, seperti dikutip dari Antara.

Dia pun berharap aparat keamanan TNI dan Polri memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan masyarakat mengekspresikan kesedihan dengan mengarak jenazah Lukas Enembe ke STAKIN dengan aman dan tertib, tanpa ada gerakan yang dapat mengganggu kestabilan keamanan.

Artikellainnya: Daftar Tempat Pesta Malam Tahun Baru di Jakarta, di Mana Saja?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait