Sempat Rebutan Partai Demokrat, AHY dan Moeldoko Akhirnya Jabat Tangan di Istana

  • Arry
  • 26 Feb 2024 13:26
Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY bersalaman dengan Kepala Staf Presiden Moeldoko, keduanya pernah berseteru memperebutkan kursi Ketum Partai Demokrat(ist/ist)

Peristiwa menarik terjadi jelang sidang kabinet di Istana Negara. Dua sosok yang pernah rebutan Partai Demokrat kini bersalaman jelang rapat.

Mereka adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Keduanya bersalaman sebelum sidang kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo dimulai pada Senin, 26 Februari 2024.

AHY dan Moeldoko bertemu singkat sambil berjabat tangan. Sebab, tak lama kemudian, sidang kabinet dimulai.

Untuk diketahui, perseteruan di Partai Demokrat tengah terjadi. AHY yang kini menjadi Ketum, namun posisinya kemudian direbut Moeldoko melalui Kongres Luar Biasa Partai Demkorat yang digelar 5 Maret 2021.

Baca juga
MA Tolak PK Moeldoko Soal Gugatan Kepengurusan AHY Jadi Ketum Demokrat

Dalam KLB itu, Moeldoko terpilih menjadi Ketum Partai Demokrat. Namun, PD versi AHY tak terima. Perseteruan pun berlanjut ke ranah hukum.

Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi dari Moeldoko pada Oktober 2022. Kemudian Moeldoko sempat mengajukan Peninjauan Kembali. Namun lagi-lagi permohonan Moeldoko itu ditolak MA.

Saat AHY dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri ATR pada 21 Februari, Moeldoko tak hadir di Istana. Meski demikian Moeldoko tetap memberikan selamat kepada AHY lewat media sosial.

Moeldoko beralasan sedang berada di konferensi Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Asia Pasifik yang dihadiri oleh 34 delegasi negara di Sri Lanka. “Mohon maaf saya tidak bisa menghadiri pelantikan karena harus menjalankan tugas saya sebagai kepala,” katanya dalam keterangan di Instagram pada Rabu.

Sementara AHY mengaku ingin berkenalan dengan seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju. "Saya tidak ingin tidak fokus," katanya.

Artikel lainnya: Real Count KPU Pilpres 2024 77,06%: Prabowo-Gibran Unggul 43,6 Juta Suara dari AMIN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait