1 Ton Roti Milk Bun dari Thailand yang Sedang Viral, Dibakar Bea Cukai

  • Arry
  • 10 Mar 2024 15:02
Resep Milk Bun, roti Thailand yang tengah viral(tokopedia/tokopedia.com)

Sebanyak 2.564 paket roti milk bun dari Thailand seberat sekitar 1 ton dimusnahkan Bea Cukai Soekarno-Hatta. Pemusnahan terhadap roti yang sedang viral ini dilakukan bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Jumat, 8 Maret 2024.

Kepala Kantor bea Cukai Soekarno-Hatta menjelaskan, pihaknya hanya melakukan penindakan terhadap barang bawaan penumpang yang melebihi batas. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan BPOM tentang Pengawasan Pemasukan Obat dan Makanan ke Dalam Wilayah Indonesia.

"Jadi batas bawaan olahan pangan adalah 5 kg per penumpang, jika melebihi batas dan tidak disertai izin dari Badan POM, maka atas kelebihannya akan dilakukan penindakan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Gatot dalam keterangan resmi, dikutip Minggu, 10 Maret 2024.

Gatot menjelaskan, pemusnahan ribuan roti Milk Bun ini berasal dari 33 penindakan terhadap barang bawaan penumpang di Bandara Soetta. Nilainya mencapai Rp400 juta.

Baca juga
Resep Milk Bun, Roti Thailand yang Sedang Viral

Dari 33 penindakan itu, rerata satu penumpang membawa puluhan hingga ratusan boks milk bun. Jumlah ini saangat tidak wajar untuk konsumsi pribadi.

"Jadi besar dugaan untuk tujuan komersial atau jasa titipan (Jastip). Selain itu penumpang juga tidak memiliki izin edar BPOM, yang merupakan syarat untuk membawa barang tersebut," ujarnya.

Pemusnahan 1 ton roti milk bun dari Thailand yang sedang viral

“Pemusnahan juga sebagai transparansi kami kepada masyarakat dalam proses penyelesaian barang hasil penindakan dalam hal ini milk bun oleh Bea Cukai Soekarno-Hatta,” ungkap Gatot.

Gatot mengimbau masyarakat menaati ketentuan yang berlaku serta turut mendukung industri makanan dalam negeri dengan membeli produk lokal yang telah terdaftar dan terjamin keamanannya oleh Badan POM.

“Dukungan ini tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dalam negeri, tetapi juga memastikan konsumsi masyarakat aman dan berkualitas,” ujarnya.

Artikel lainnya: Pilot-Kopilot Batik Air Sarapan Mi Instan Sebelum Tidur, Pesawat Nyasar ke Cianjur

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait