Piala Asia U-23 2024: Hajar Yordania 4-1, Indonesia Lolos ke 8 Besar!

  • Arry
  • 22 Apr 2024 05:45
Timnas U-23 Indonesia vs Yordania 4-1: Marselino Ferdinan mencetak brace untuk mengantarkan Garuda Muda lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024(pssi/pssi)

Timnas U-23 Indonesia membantai Yordania U-23 di laga pamungkas Grup A PIala Asia U-23 2024. Kemenangan ini membawa Garuda Muda ke babak perempat final.

Duel Timnas U-23 Indonesia vs Yordania U-23 digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu, 21 April 2024 malam.

Timnas Indonesia tampil lebih menyerang dalam pertandingan ini. Bahkan sejak menit ketiga, Garuda Muda sudah merepotkan pertahanan Yordania. Tendangan Rafael Struick masih bisa diredam kiper Ahmad Juaidi.

Serangan Indonesia akhirnya berbuah hasil di menit ke-21. Sebuah aksi Rafael Struick di kotak penalti harus dilanggar keras Amer Jamoush. Wasit Ammar Ashkanani langsung menunjuk titik putih.

Marselino Ferdinan yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya ke kiri gawang berhasil mengecoh Juaidi yang ergerak ke kanan. Indonesia unggul 1-0.

Baca juga
Piala Asia U-23: Babak 1 Indonesia vs Yordania 2-0 Lewat Gol Marselino dan Witan

Tertinggal satu gol, Yordania berupaya mengejar. Namun beberapa kali peluang yang dihasilkan masih belum berhasil menjebol pertahanan Indonesia.

Indonesia yang tampil lebih efektif justru mampu menggandakan keunggulan di menit ke-40. Witan Sulaeman yang menerima umpan dari Rizky Ridho, melepaskan sepakan placing indah kaki kiri dan mengirim bola masuk ke sebelah kiri gawang Yordania.

Hingga babak pertama usai, Indonesia U-23 unggul 2-0 atas Yordania U-23.

    Timnas U-23 Indonesia vs Yordania 4-1: Witan Sulaeman menyumbang satu gol kemenangan Garuda Muda atas Yordania (PSSI)
Timnas U-23 Indonesia vs Yordania 4-1: Witan Sulaeman menyumbang satu gol kemenangan Garuda Muda atas Yordania (PSSI)

Di babak kedua, Yordania meningkatkan intensitas serangan untuk mengejar ketertinggalan. Namun, serangan para pemain Yordania masih mampu diredam pertahanan Indonesia.

Di tengah alur serangan Yordania, Indonesia berhasil keluar dari tekanan dan kembali menambah golnya lewat Marselino di menit ke-70.

Gol tercipta lewat kerjasama ciamik dengan Witan. Marselino yang sempat berhadapan dengan kiper Juaidi dengan cepat menyontek bola ke gawang kosong. Indonesia unggul 3-0.

Delapan menit berselang, Yordania akhirnya mampu mencetak gol. Sebuah sepakan Waseem Wasef Alriyalat membentur Justin Hubner dan membuat bola berbelok ke gawang Indonesia. Skor 3-1.

Indonesia langsung merespons gol balasan tersebut. Gol keempat Indonesia akhirnya lahir di menit ke-86 lewat Komang Teguh. Gol bermula dari lemparan jauh Pratama Arhan yang mampu disambut Komang.

Skor 4-1 untuk keunggulan Indonesia pun bertahan hingga pertandingan selesai. Indonesia pun resmi menyegel tiket ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Kemenangan ini membuat Indonesia finis sebagai runner up Grup A dengan nilai 6 poin. Garuda Muda menemani Watar yang memiliki 7 poin, yang di saat bersamaan bermain imbang 0-0 melawan Australia. Sementara Australia dan Yordania tersingkir dari turnamen usai finis di posisi tiga dan empat.

Susunan pemain

Yordania: Juaidi, Ahmed Afaneh, Haj Ibrahim, Abushahab, Rasem Jamous (Waseem Al Riyalat 45'), Abu Taha, Haitham, Darwish (Ali Azaizeh 73'), Almaharmeh (Ahmed Al Salman 45'), Aldiabat (Ibrahim Sabra 64'), Kalbouneh

Indonesia: Ernando (Adi Satryo 89'), Nathan Tjoe-A-On, Ferarri (Komang Teguh 71'), Rizky Ridho, Fajar Fathurrahman (Rio Fahmi 71'), Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner (Rayhan Hannan 89'), Marselino, Witan, Rafael Struick (Hokky Caraka 71')

Artikel lainnya: Viral Bocah 5 Tahun Nyetir Mobil PLN Hingga Tabrak Motor, Begini Kejadian Utuhnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait