Semifinal Nations League: Maju ke Final, Spanyol Rusak Rekor Italia

  • Arry
  • 7 Okt 2021 06:19
Semifinal UEFA Nations League Italia vs Spanyol 1-2, Spanyol lolos ke final dan merusak rekor tak terkalahkan Italia(@azzurri/twitter)

Hasil semifinal UEFA Nations League Italia vs Spanyol berakhir kemenangan tim Matador 2-1. Ini merupakan kekalahan Italia pertama dalam 3 tahun.

Bermain di Stadion San Sito, Milan, Kamis 7 Oktober 2021, Italia tampil meyakinkan di awal pertandingan. Di menit-menit awal, dua kali Italia nyaris membobol gawang Spanyol.

Di menit ke-4, tembakan Federico Chiesa berhasil ditepis kiper Unai Simon. Pada menit ke-6, Unai Simon kembali tampil ciamik ketika menggagalkan peluang dari Alessandro Bastoni.

Namun pada menit ke-17, Italia kecolongan. Ferran Torres sukses menjebol gawang Gianluigi Donnarumma setelah memanfaatkan umpan Mikel Oyarizabal. Spanyol unggul 1-0.

Petaka datang ke Italia saat bek andalan mereka, Leandro Bonucci diusir wasit pada menit ke-42. Bonucci menerima kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran ke Sergio Busquets. Kartu kuning pertama diterima Bonucci di menit 30 akibat protes keras ke wasit Sergei Karasev.

Unggul jumlah pemain membuat Spanyol tampil lebih menyerang. Dan hasilnya, Torres kembali merobek jala gawang Donnarumma di menit 45+2. 2-0 untuk keunggulan Spanyol di babak pertama.

Pada babak kedua, Spanyol langsung mengurung Italia yang harus bermain 10 orang. Beberapa kali kiper Donnarumma harus berjibaku menyelamatkan gawangnya dari serangan Spanyol.

Meski unggul jumlah pemain, Spanyol gagal memperlebar keunggulan. Justru Italia yang mampu memperkecil ketertinggalannya setelah Lorenzo Pellegrini mencetak gol di menit 83.

Italia yang berusaha menyamakan kedudukan gagal mencetak gol tambahan hingga pertandingan berakhir. Skor Italia vs Spanyol berakhir 1-2. Spanyol berhak meraih tiket final UEFA Nations League.

Bagi Spanyol, kemenangan ini merupakan balas dendam atas kekalahan mereka pada ajang Euro 2020 lalu. Saat itu Spanyol disingkirkan Italia di babak semifinal lewat adu penalti setelah bermain 1-1 sepanjang 120 menit.

Sementara Italia gagal meneruskan rekor tak terkalahkan dalam 37 pertandingan di 3 tahun terakhir. Italia di bawah asuhan Roberto Mancini sebelumnya mencatatkan 28 kali menang dan 9 kali seri. Kekalahan terakhir Italia terjadi pada 2018 saat tumbang melawan Portugal.

Kini, skuat asuhan Luis Enrique menunggu pemenang antara Belgia vs Prancis di laga semifinal lainnya. Pertandingan baru akan digelar pada Jumat (8/10) dinihari WIB.

Susunan Pemain:

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Bastoni, Emerson; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Insigne, Bernardeschi.

Spanyol: Unai Simón; Azpilicueta, Laporte, Pau Torres, Marcos Alonso; Koke, Busquets, Gavi; Sarabia, Ferrán Torres, Oyarzabal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait