Tiba di Tanah Air, Greysia/Apriyani dan Anthony Ginting Cs Ditunggu Jokowi di Istana

  • Arry
  • 5 Agt 2021 09:02
Greysia Polii dan rombongan terakhir kontingen Indonesia tiba di Tanah Air disambut Menpora Zainudin Amali(Putra/Kemenpora.go.id)

Duet emas Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, bersama rombongan terakhir kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 kembali ke Tanah Air. Mereka pun ditunggu kedatangannya ke Istana Negara untuk diterima Presiden Joko Widodo.

Mereka tiba di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (4/8) malam. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyambut kedatangan para atlet kebanggaan Indonesia itu.

Selain Greysia/Apriyani, tampak hadir pula peraih medali perunggu Anthony Sinisuka Ginting dan lifter Rahmat Erwin Abdullah dalam rombongan. Selain itu, tampak juga sprinter Lalu Muhammad Zohri dan Alvin Tehupeiory, lifter Nurul Akmal, dan atlet menembak Vidya Rafika Toyyiba, serta Chef de Mission (CdM) tim Indonesia Rosan P. Roeslani, pelatih dan anggota NOC Indonesia.

“Saya atas nama pemerintah, atas nama bapak presiden, Pak Joko Widodo, atas nama seluruh rakyat Indonesia menyampaikan selamat datang kepada kontingen dalam kelompok terbang yang terakhir ini,” kata Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Amali juga menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi terhadap perjuangan yang telah dilakukan para atlet untuk mengharumkan bangsa Indonesia di ajang olahraga multi-event terbesar di dunia tersebut.

Rombongan selanjutnya akan menjalani masa karantina selama delapan hari sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Usai karantina, seluruh rombongan akan diundang ke Istana Negara dan bertemu Presiden Jokowi.

“Insha Allah bapak presiden akan menerima langsung kedatangan kontingen Indonesia di Istana. Nanti akan diinformasikan kepada CdM dan mudah-mudahan semuanya akan lancar, tidak ada kendala apa pun,” kata Amali.

Olimpiade Tokyo 2020 telah usai, Amali selanjutnya akan segera melakukan pertemuan dengan NOC Indonesia, CdM, dan pimpinan cabor untuk membahas persiapan Olimpiade Paris 2024 yang kualifikasinya akan segera bergulir.

“Tentu kita segera mempersiapkan diri menuju Olimpiade Paris tahun 2024 yang akan datang. Mudah-mudahan kita akan semakin baik dan juga harapan rakyat Indonesia atau ekspektasi dari publik akan bisa kita penuhi,” pungkas Amali.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia meraih lima medali. Satu-satunya medali emas disabet oleh Greysia/Apriyani. Eko Yuli Wirawan mendapatkan perak dari cabor angkat besi.

Sementara itu, tiga medali perunggu didapat oleh Anthony Ginting di cabor bulutangkis dan Rahmat Erwin Abdullah juga Windy Cantika Aisah yang berlaga di cabor angkat besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait