Indonesia Menang Dramatis Atas Kuwait, Rachmat Irianto Terbaik

  • Arry
  • 9 Jun 2022 06:41
Kualifikasi Piala Asia 2023: Kuwait vs Indonesia 1-2, Rachmat Irianto (tengah) menjadi bintang di balik kemenangan dramatis Indonesia(@pssi/twitter)

Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Kuwait. Kemenangan ini diraih usai Tim Garuda tertinggal 0-1 terlebih dahulu. Rachmat Irianto menjadi pemain terbaik dalam pertandingan ini.

Duel Kuwait vs Indonesia digelar di Stadion Jaber Al Ahmad, Rabu, 8 Juni 2022 malam WIB. Ini adalah pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kuwait unggul terlebih dahulu melalui Youse Al Sulaiman pada menit ke-40. Namun, Timnas Indonesia berhasil memutarbalikkan keadaan dan menang 2-1 usai Marc Klok dan Rachmat Irianto mencetak gol.

Kuwait mengawali laga dengan mencoba menguasai permainan. Sebaliknya, permainan Indonesia baru bekembang setelah pertandingan berjalan 15 menit.

Di menit ke-17, Indonesia nyaris mengungguli Kuwait. Kerja sama ciamik Pratama Arhan, Saddil Ramdani, dan Marc Klok mengacaukan pertahanan Kuwait. Tendangan Klok pun ke gawang berhasil dihalau bek Kuwait.

Dua menit berselang giliran gawang Nadeo Argawinata yang terancam. Beruntung tendangan Eid Alrashidi yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia hanya melambung.

Nadeo menyelamatkan gawang Indonesia dari kebobolan di menit ke-24. Dia mengamankan bola sepakan Yousef Alsulaiman. Dua menit kemudian, kiper Bali United itu melakukan penyelamatan gemilang saat menepis bola tendangan Eid Alrashidi.

Petaka untuk Indonesia terjadi di menit ke-40. Kesalahan yang dibuat Klok, membuat pemain Kuwait mampu menciptakan peluang. Bader Al Motawaa kemudian melepaskan umpan silang yang kemudian disambut Yousef Alsulaiman dengan sundulan untuk menjebol gawang Nadeo.

Indonesia langsung membalas cepat. Satu menit kemudian, Rachmat Irianto yang berdiri bebas di kotak penalti diterjang kiper Kuwait, Fahad Al Reshidi. Klok yang menjadi eksekutor melepas tembakan keras dan membuat skor menjadi 1-1. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Indonesia langsung menggebrak. Lewat kerja sama ciamik Irianto dan Witan membuat kemelut di gawang Kuwait. Sepakan Witan berhasil diblok bek Kuwait. Bola liar kemudian disambar Irianto dan membuat Indonesia berbalik unggul 2-1 di menit ke-48.

Kuwait sempat menyamakan kedudukan, namun gol yang dicetak Yousef Alsulaiman dianulir wasit lantaran dia offside.

Indonesia nyaris kembali mencetak gol di menit ke-81. Namun, tendangan Witan Sulaeman masih melenceng dari gawang.

Begitu pula dengan peluang emas yang didapat Ricky Kambuaya. Meski sudah berhadapan dengan kiper, pemain anyar Persib Bandung itu gagal mencetak gol setelah bola sepakannya dihalau kiper Kuwait.

Hingga akhir pertandingan Kuwait vs Indonesia skor tetap 1-2.

Usai pertandingan, Rachmat Irianto dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam pertandingan Kuwait vs Indonesia. Dia menjadi aktor kebangkitan Indonesia yang sempat tertinggal dari Kuwait.

Irianto yang biasa beroperasi sebagai gelandang, dimainkan sebagai bek kanan oleh pelatih Shin Tae Yong. Tercatat, mantan pemain Persebaya itu membuat 13 umpan sukses, termasuk mencetak satu assist dan satu gol.

Indonesia akan kembali bertanding pada 12 Juni 2022 melawan Jordania di lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.


Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott (Asnawi Mangkualam 83'), Rizky Ridho, Rachmat Irianto; Pratama Arhan (Alfeandra Dewangga 72'), Mark Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly (Muhammad Rafli 46' (Dimas Drajad 72')), Irfan Jaya (Witan Sulaeman 46').

Kuwait: Fahad Al Reshidi; Rashed Aldousari, Fahad Alhajeri, Eid Alrashidi (Ali Matar 62'), Talal Alfadhel (Fawaz Alotaibi 62'), Fahed Alansari, Omar Alhebaiter, Bader Al Motawaa, Yousef Alsulaiman, Issa Ali, Hussain Kankone.

 

Berita Terkait