Liverpool vs Man City 3-1: Diwarnai Drama 2 Kali VAR, The Reds Juara Community Shield

  • Arry
  • 31 Jul 2022 06:02
Liverpool meraih gelar juara Community Shield usai mengalahkan Manchester City 3-1. Striker baru The Reds, Darwin Nunez mencetak satu gol dan satu assist.(@lfc/twitter)

Liverpool berhaisl meraih gelar Community Shield 2022 usai mengalahkan Manchester City 3-1. Pertandingan ini diwarnai dengan adanya drama 2 kali VAR.

Duel Liverpool vs Man City digelar di Stadion King Power, Leicester, Sabtu, 30 Juli 2022, malam WIB.

The Reds meraih gelar Community Shield pertamanya dalam 16 tahun terakhir melalui gol yang dicetak Trent Alexander-Arnold (21'), penalti Mohamed Salah (83'), dan Darwin Nunez (90+5'). Sementara satu gol The Citizens disumbang Julian Alvarez (70').

Dalam pertandingan ini, Liverpool tak diperkuat kiper utamanya, Alisson Becker, kiper kedua, Caoimhin Kelleher, dan strikernya, Diogo Jota gegara cedera. Posisi Alisson diisi kiper ketiga, Adrian. Sementara Luis Diaz mengisi tempat Jota. Striker anyar mereka Darwi Nunez, berada di bangku cadangan.

Sementara Man City kehilangan bek tangguhnya, Aymeric Laporte, karena cedera lutut. Meski demikian, City langsung menurunkan striker anyarnya Erling Haaland.

Meski demikian, pertarungan Liverpool vs Man City tetap berlangsung sengit.

Liverpool langsung tampil menggebrak di awal babak pertama. Thiago Alcantara dan Luis Diaz langsung mengancam gawang Man City di awal pertandingan. Namun, upaya mereka berhasil dihalau bek-bek City.

Di menit keempat, Mohamed Salah berhasil menembus pertahanan ketat City. Namun tembakannya melenceng dari gawang Ederson Morais.

Di menit ketujuh giliran Man City menebar ancaman melalui Kevin De Bruyne. Upaya pemain asal Belgia itu berhasil dihalau bek Liverpool yang digalang Virgil van Dijk.

Di menit ke-21, Trent Alexander-Arnold berasil menggetarkan jala gawang Man City melalui tembakan indah dari luar kotak penalti. Gol tercipa usai meanfaatkan umpan pendek Salah dari sisi kiri pertahanan City. Skor Liverpool vs Man City menjadi 1-0.

Man City langsung merspons gol The Reds dengan meningkatkan intensitas serangan. Di menit ke-31 Haaland menebar ancaman ke Liverpool. Namun sepakannya berhasil diamankan Adrian.

City yang berulang kali mencoba menembus gawang Liverpool gagal hingga babak pertama usai. Skor 1-0 untuk keunggulan The Reds.

Di babak kedua, City tampil lebih ngotot. Skuat asuhan Pep Guardiola ini langsung menekan lini pertahanan Liverpool.

Pep punkemudian melakuan pergantian pemain saat menarik Jack Grealish dan Riyad Mahrez dan menggantikannya dengan Pil Foden dan Julian Alvarez. Pemain terakhir ini adalah pemain yang baru dibeli Man City.

Pelatih Juergen Klopp juga membuat pergantian dengan menarik Roberto Firmino dan memasukkan pemain barunya, Darwin Nunez.

Pergantian pemain ini langsung memiliki memiliki dampak. Namun lini pertahanan Liverpool masih mampu menghalau seragan bertubi-tubi yang dilancarkan.

Di menit ke-64, Liverpool memiliki peluang emas saat Nunez berhadapan dengan Ederson. Namun, kiper asal Brasil itu dapat menggagalkan peluang emas Liverpool.

City akhirnya berhasil menembus pertahanan Liverpool di menit ke-70. Gol dicetak Alvarez usai memanfaatkan bola liar di kotak penalti Liverpool.

Gol ini sempat dianulir wasit lantaran berbau offside dan pelanggaran. Akhirnya gol itu disahkan usai wasit me-review melalui VAR. Usai peninjauan VAR, wasit mengesahkan gol tersebut dan skor berubah menjadi 1-1.

    Community Shield 2022 Liverpool vs Manchester City 3-1. Gol penalti Mo Salah membawa Liverpool unggul 2-1

Usai skor imbang 1-1, Klopp kemudian mengubah taktiknya. Dia menarik Trent dan Henderson. Sebagai gantinya, James Milner dan Harvey Elliott yang masuk lapangan.

Pergantian ini langsung berbuah hasil. Serangan-serangan Liverpool kembali lebih menyengat dan pertahanan yang semkain ketat.

Petaka bagi City terjadi di menit ke-81. Tandukan Nunez di dalam kotak penalti terkena tangan Ruben Diaz. Pemain-pemain Liverpool langsung mengajukan protes atas pelanggaran tersebut. Namun, wasit sempat meneruskan pertandingan.

Akhirnya, setelah diprotes terus, wasit melihat kejadian ulang melalui tayangan VAR. Usai melihat video, wasit akhirnya menunjuk titik putih dan memberikan hukuman penalti bagi City.

Mo Salah tampil sebagai algojo. Ederson gagal menepis tembakan Salah yang mengarah ke kiri bawah gawangnya. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Liverpool.

Meski sudah unggul, Liverpool terus menekan Man City. Dan pada menit ke-90+5, Nunez membuktikan dirinya pantas dibeli Liverpool dengan harga mahal. Pemain yang baru direkrut dari Benfica itu menjebol gawang Ederson usai menerima umpan dari Robertson.

    Liverpool meraih gelar juara Community Shield usai mengalahkan Manchester City 3-1. Striker baru The Reds, Darwin Nunez mencetak satu gol dan satu assist.

Liverpool pun unggul 3-1 atas City. Gol ini memastikan Liverpool menjadi juara Community Shield 2022. Trofi ini terakhir kali diraih Liverpool pada 2006 atau 16 tahun silam.

Ini menjadi trofi Community Shield ke-17 yang diraih Liverpool dan yang pertama bagi Juergen Klopp.

Dengan tambahan trofi ini, Liverpool di bawah asuhan Klopp sudah meraih seluruh gelar domestik yakni juara Premier League, FA Cup, Piala Liga, dan Community Shield.


Susunan pemain

LIVERPOOL (4-3-3): 13-Adrian; 66-Alexander-Arnold (7-Milner 74'), 32-Matip, 4-Van Dijk, 26-Robertson; 14-Henderson (19-Elliott 73'), 3-Fabinho, 6-Thiago (8-Keita 84'); 11-Salah, (17-Jones 90+5'), 9-Firmino (27-Nunez 59'), 23-Diaz (28-Carvalho 90')

Cadangan: 2-Gomez, 5-Konate, 96-Davies

Pelatih: Juergen Klopp

MAN CITY (4-3-3): 31-Ederson; 2-Walker, 3-Dias, 6-Ake, 7-Cancelo; 17-De Bruyne (8-Guendogan 73'), 16-Rodri, 20-Silva; 26-Mahrez (19-Alvarez 58'), 9-Haaland, 10-Grealish (47-Foden 58')

Cadangan: 4-Phillips, 5-Stones, 18-Ortega, 79-Mbete, 80-Palmer, 97-Wilson-Esbrand

Pelatih: Pep Guardiola

 

Berita Terkait