Piala Dunia 2022: Belanda vs Ekuador Imbang, Senegal Buka Peluang, Qatar Out

  • Arry
  • 26 Nov 2022 05:50
Piala Dunia 2022: Belanda vs Ekuador 1-1, Cody Gakpo mencetak gol pertama Belanda(@fifaworldcup/twitter)

Hasil Piala Dunia Grup A, Senegal membuka peluang lolos ke babak selanjutnya usai mengalahkan Qatar 3-1. Sebaliknya, ini membuat Qatar tersisih dari Piala Dunia setelah Belanda dan Ekuador bermain imbang.

Duel Qatar vs Senegal yang menjadi pertandingan kedua Grup A Piala Dunia digelar di Al Thumama Stadium, Jumat, 25 November 2022, malam WIB.

Senegal tampil dominan saat babak pertama dimulai. Sementara Qatar, Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022, bermain lebih baik dibanding pada pertandingan pertama melawan Ekuador.

Upaya Senegal meraih kemenangan perdana di Grup A Piala Dunia akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-41, Boulaye Dia berhasil menjebol gawang Qatar usai memanfaatkan blunder yang dilakukan Boulem Khoukhi saat menghalau bola di kotak penalti.

    Piala Dunia 2022: Qatar vs Senegal 1-3, Qatar dipastikan tersisih dari Piala Dunia yang digelar di negaranya sementara Senegal membuka peluang lolos ke fase berikutnya

Sebegal kembali mencetak gol di menit ke-48 lewat Famara Diedhiou. Qatar vs Senegal 0-2.

Di menit ke-78, Qatar akhirnya mencetak gol perdananya di Piala Dunia. Gol tercipta melalui sundulan Mohammed Muntari. Qatar vs Senegal 1-2.

Namun upaya Qatar menyamakan kedudukan sirna. Mereka justru kebobolan lagi pada menit ke-82. Pemain Senegal Bamba Dieng memperlebar keunggulan timnya menjadi 3-1.

    Piala Dunia 2022: Qatar vs Senegal 1-3, Qatar dipastikan tersisih dari Piala Dunia yang digelar di negaranya

Pertandingan Qatar vs Senegal pun berakhir dengan skor 1-3.

Laga lainnya di Grup A menghadirkan duel Belanda vs Ekuador. Pertandingan yang digelar di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Jumat, 25 November 2022 malam WIB, berakhir imbang 1-1.

Pada pertandingan ini, Belanda tampil lebih taktis di awal babak pertama. Saat pertandingan baru berjalan enam menit, Cody Gakpo membawa Belanda unggul 1-0 lewat tendangan ciamik dari luar kotak penalti.

Usai unggul satu gol, permainan Belanda kemudian mampu diimbangi Ekuador. Bahkan Ekuador beberapa kali mengancam gawang Belanda lewat aksi striker mereka Enner Valencia.

Pada masa injury time babak pertama, Ekuador berhasil menjebol gawang Belanda. Gol berawal dari tendangan sudut. Bola awalnya berhasil dihalau pertahanan Belanda, namun bola liar disambar Gonzalo Plata dan dibelokkan Pervis Estupinan.

Pemain Ekuador sempat merayakan gol tersebut. Namun, wasit kemudian menganulir gol tersebut lantaran menilai pemain Ekuador lainnya, Jackson Porozo berada dalam posisi offside meski tidak menyentuh bola.

Babak pertama Belanda vs Ekuador berakhir dengan skor 1-0.

    Piala Dunia 2022: Belanda vs Ekuador 1-1, Enner Valencia kembali mencetak gol untuk Ekuador

Di babak kedua, Ekuador langsung menggebrak. Empat menit babak kedua dimulai, Valencia berhasil membobol gawang Belanda. Skor menjadi 1-1.

Pada menit ke-59 Ekuador nyaris berbalik unggul. Tendangan Plata yang memanfaatkan bola liar di wilayah pertahanan Belanda hanya membentur mistar gawang.

Pertandingan Belanda vs Ekuador pun berakhir dengan skor 1-1.

Dengan hasil ini, Belanda dan Ekuador berada di peringkat satu dan dua dengan megoleksi nilai sama yakni 4. Sementara Senegal di urutan ketiga dengan nilai 3. Dan Qatar menjadi juru kunci dengan nilai 0.

Sang tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar pun dipastikan tersisih dari Piala Dunia 2022. Pertandingan terakhir melawan Belanda sudah tidak menentukan lagi bagi Qatar untuk dapat lolos ke babak selanjutnya.

    Klasemen Grup A Piala Dunia 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait