Hasil dan Klasemen Grup A Piala Dunia: Belanda dan Senegal Lolos 16 Besar

  • Arry
  • 30 Nov 2022 04:03
Piala Dunia 2022: Belanda vs Qatar 2-0. Tim Oranje memastikan lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022 dengan menjadi juara Grup A(@fifaworldcup/twitter)

Timnas Belanda dan Senegal memastikan meraih tiket 16 Besar Piala Dunia 2022. Pada pertandingan terakhir fase Grup A, Belanda mengalahkan Qatar. Sedangkan Senegal menang atas Ekuador.

Duel Belanda vs Qatar digelar di Al Bayt Stadium, Selasa, 29 November 2022, malam WIB. Pertandingan ini dimenangkan Belanda 2-0.

Tim Oranje tampil agresif sejak awal babak pertama dimulai. Meski demikian, Qatar nyaris membobol gawang Belanda setelah Hassan Al Haydos memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Marten de Roon di lini belakang.

Tembakan Al Haydos mampu diamankan kiper Andries Noppert.

Pada menit keempat, giliran Belanda yang nyaris membuka keunggulan. Sayang tembakan Memphis Depay masih bisa diadang lini pertahanan Qatar.

Gol yang ditunggu Belanda akhirknya datang di menit ke-26. Cody Gakpo mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan dari Davy Klaassen. Ini adalah gol ketiga Gakpo di turnamen ini.

    Piala Dunia 2022: Belanda vs Qatar 2-0. Cody Gakpo kembali mencetak gol untuk Tim Oranje

Skor 1-0 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Belanda kembali tampil agresif. Di menit ke-49, Oranje langsung menggandakan keunggulan. Gol kedua Belanda dicetak Frenkie De Jong. Belanda vs Qatar 2-0.

Meski sudah unggul dua gol, Belanda belum menghentikan tekanan ke Qatar. Pada menit ke-69, Belanda kembali menambah gol melalui Steven Berghuis.

Namun, gol tersebut dianulir wasit. Sebab Gakpo melakukan pelanggaan handball terlebih dahulu dalam proses terciptanya gol.

Duel Belanda vs Qatar pun berakhir dengan skor 2-0.

Kemenangan ini memantapkan Belanda di puncak klasemen Grup A dengan raihan 7 poin dari dua kemenangan dan satu hasil imbang. Sementara Qatar berada di dasar klasemen dengan nilai 0.

Di pertandingan lain, Ekuador vs Senegal berakhir dengan skor 1-2. Hasil ini membuat Senegal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Duel Ekuador vs Senegal digelar di Khalifa International Stadium, Selasa, 29 November 2022. Sebelum pertandingan digelar, Ekuador berada di peringkat dua klasemen. Sedangkan Senegal di urutan tiga klasemen sementara.

Ismaila Sarr membuka harapan bagi Senegal lolos ke 16 Besar saat mencetak gol di menit ke-44 lewat titik penalti.

    Piala Dunia 2022: Ekuador vs Senegal 1-2, Senegal memastikan lolos ke 16 Besar Piala Dunia

Pada babak kedua, Ekuador berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-67. Gol dicetak Moises Caicedo. Ekuador vs Senegal 1-1.

Gol kemenangan Senegal akhirnya tercipta tiga menit berselang. Kalidou Koulibaly menjadi pahlawan bagi Senegal lewat golnya di menit ke-70.

Kemenangan ini membuat Senegal naik ke peringkat dua klasemen Grup A Piala Dunia dengan mengoleksi 6 poin. Sedangkan Ekuador turun ke peirngkat tiga dengan nilai 4. Tiket 16 Besar pun disegel Senegal.

Hasil Grup A Piala Dunia

Belanda vs Qatar 2-0
(Cody Gakpo 26', Frenkie De Jong 49')

Ekuador vs Senegal 1-2
(Moises Caicedo 67'; Ismaila Sarr 44'-p, Kalidou Koulibaly 70')

Klasemen akhir Grup A Piala Dunia

    Klasemen Grup A Piala Dunia 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait