Indonesia Ditahan Vietnam, Shin Tae Yong Soroti Wasit: Harusnya Van Hau Kartu Merah

  • Arry
  • 6 Jan 2023 21:51
Tekel berbahaya bek Vietnam Doan Van Hau ke Dendy Sulistyawan(ist/istimewa)

Timnas Indonesia bermain imbang tanpa gol saat melawan Vietnam. Pelatih Shin tae Yong pun menyoroti kepemimpinan wasit asal Oman bernama Omar Mubarak Mazatoua Al Yaquobi.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam dalam laga pertama babak semifinal PIala AFF digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat, 6 Januari 2023. Pertandingan berakhir imbang 0-0.

Shin Tae Yong menilai wasit Omar Mubarak banyak memberikan keputusan kontroversial. Salah satunya adalah tidak memberikan hukuman kartu kepada pemain Vietnam Doan Van Hau usai melanggar Dendy Sulistyawan.

Aksi pemain Vietnam Doan Van Hau melanggar Dendy Sulistyawan

Dalam kejadian itu, terlihat bek Vietnam itu jelas melakukan tekel dua kaki ke Dendy. Namun, wasit tidak memberikan hukuman kartu kepada Van Hau.

"Keputusan ada pada wasit. Bisa jadi kartu merah jika kita melihat tayangan ulangnya. Itu bagian dari pertandingan, jadi saya sulit berkomentar," kata Shin Tae Yong.

Baca juga
Hasil Leg I Semifinal Piala AFF Indonesia vs Vietnam 0-0

Selama pertandingan, tercatat ada 21 pelanggaran terjadi. Timnas Indonesia melakukan 10 pelanggaran, sedangkan Vietnam 11 kali. Namun, wasit hanya dua kali mengeluarkan kartu kuning untuk Vietnam.

Meski sedikit kecewa dengan kepemimpinan wasit Omar, Shin Tae Yong memuji kinerja para pemain.

"Saya berterima kasih kepada pemain. Secara keseluruhan bermain baik. Sayangnya, peluang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik," tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan melakoni leg kedua babak semifinal melawan Vietnam pada 9 Januari 2023. Skuat Garuda pun akan bertolak ke Vietnam pada 7 Januari.

"Saya akan mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin. Hasil pertandingan nanti yang akan berbicara. Jadi, lihat saja nanti," tegas Shin Tae-yong.

Jadwal Leg 2 Semifinal Piala AFF 2022

Vietnam vs Indonesia
Senin, 9 Januari 2023
Pukul 19.30 WIB
Stadion My Dinh, Hanoi

Baca juga: Hewan Langka Musang Kepala Putih Muncul di Sungai Sebangau, Ini Wujudnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait