Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Kalah Telak 1-5 Kontra Irak

  • Arry
  • 17 Nov 2023 10:06
Timnas Irak vs Indonesia 5-1 di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia mengawali kiprah di Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan hasil negatif. Skuat Garuda kalah telak 1-5 dari Irak.

Duel Irak vs Indonesia di penyisihan Grup F digelar di Basra Sport City Stadium, Kamis, 16 November 2023. Kemenangan telak Iran diwarnai dengan gol bunuh diri bek Indonesia Jordi Amat.

Timnas Irak dan Indonesia memulai pertandingan dengan tempo labat. Keduanya saling menunggu kesempatan untuk mencuri kelengahan lawan.

Meski demikian, Irak mampu unggul terlebih dahulu di menit ke-20. Bashar Rasan Boyan memanfaatkan kesalahan lini belakang Indonesia dan menggetarkan jala gawang yang dikawal Nadeo Argawinata.

Baca juga
Piala Dunia U-17: Kalah dari Maroko U-17, Indonesia Gagal Lolos 16 Besar

Tertinggal satu gol, Indonesia justru terlihat kesulitan mengembangkan permainan. Duet Dimas Drajad dan Dendi Sulistiyawan tak mampu berbuat banyak untuk mengancam gawang Irak.

Gawang Indonesia justru kembali kebobolan di menit ke-35. Bek Jordi Amat salah mengantisipasi umpan silang dari Ali Jasim Elaibi hingga menjebol gawang sendiri. Irak unggul 2-0.

Pelatih Shin Tae Yong mencoba mengubah taktik dengan menarik Dimas Drajad dan memasukkan Rafael Struick.

Pergantian ini cukup efektif. Sebuah kreasi serangan dibangun Struick dari sisi kiri penyerangan. Dia kemudian memberikan bola ke Shayne Pattinama yang menerobos kotak penalti Irak. Shayne kemudian melepaskan tembakan mendatar ke gawang Jalal Hassan.

Skor 2-1 untuk keunggulan Irak ini bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga
Kawasan JIS Banjir Usai Laga Piala Dunia U-17, Ini Pembelaan Pj Gubernur Heru Budi

Di babakkedua, Irak menambah tensi penyerangan ke pertahanan Indonesia. Hal ini kembali membuat Skuat Garuda kesulitan berkembang.

Pada menit ke-60, Osama Rashid memperlebar keunggulan Irak dengan tendangan jauh dari luar kotak penalti. Irak unggul 3-1.

Usai gol ini, Timnas Indonesia tampak kehilangan arah. Bahkan kesulitan untuk melakukan penyerangan lewat dari garis tengah. Hal ini pun dimanfaatkan Irak untuk menambah koleksi golnya.

Irak mencetak gol keempat pada menit ke-81 lewat gol yang diccetak Youssef Amyn. Dan Ali Jasim menambah derita Indonesia saat mencetak gol di menit ke-89 dan membuat skor menjadi 5-1.

Kekalahan ini membuat Indonesia berada di posisi juru kunci Grup F dengan nilai 0. Sementara Irak di puncak klasemend engan nilai 3, unggul selisih gol dari Vietnam yang ada di urutan kedua dengan nilai sama. Filipina berada di peringkat tiga dengan selisih gol lebih baik dibanding Indonesia di posisi juru kunci.

Laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan terbang ke Filipina untuk melakoni laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan akan digelar pada Selasa, 21 November 2023.


Susunan pemain

Irak: Jalal Hassan; Merchas Doski, Ali Adnan, Rebin Sulaka, Hussein Ali; Osama Rashid (Ahmad Alee 67'), Amir Al-Ammari; Bashar Resan (Youssef Amyn 68'), Ali Jasim, Ibrahim Bayish; Aymen Hussein.

Indonesia: Nadeo Argawinata, Shayne Pattinama, Elkan Baggot, Jordi Amat, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Adam Alis (Arkhan Fikri 46'), Ricky Kambuaya (Saddil Ramdani 46'), Marc Klok (Witan Sulaemen 76'), Dimas Drajad (Rafael Struick 39'), Dendy Sulistiyawan (Pratama Arhan 76').

Artikel lainnya: Ternyata Pesawat TNI AU yang Jatuh Ada 2, Ini Kronologinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait