Diwarnai Gol Dianulir VAR, Liverpool Juara Carabao Cup Usai Bekap Chelsea

  • Arry
  • 26 Feb 2024 09:21
Liverpool juara Carabao Cup atau Piala Liga Inggris usai mengalahkan Chelsea 1-0 di partai final yang digelar di Stadion Wembley, London(@lfc/x.com)

Liverpool juara Carabao Cup alias Piala Liga Inggris. Gelar ini diraih The Reds usai mengalahkan Chelsea di partai final lewat babak extra time.

Duel Chelsea vs Liverpool di final Carabao Cup digelar di Stadion Wembley, London, Minggu, 25 Februari 2024 malam WIB.

Dalam laga ini, Liverpool tampil dengan mayoritas pemain lapis kedua. Hal ini disebabkan sebanyak 11 pemain mulai kiper Alisson Becker hingga penyerang Mohamed Salah mengalami cedera.

Pasukan Juergen Klopp ini langsung tampil menyerang usai pertandingan dimulai. Namun, sejumlah peluang yang dihasilkan belum membahayakan gawang Chelsea.

Baru di menit ke-14 Liverpool dapat mengancam gawang Chelsea. Bermula dari aksi Cody Gakpo di sisi kanan pertahanan Chelsea yang memberikan umpan ke Luis Diaz.

Sayang Luis Diaz yang sudah berdiri bebas gagal menjebol gawang Chelsea yang dikawal Djordje Petrovic. Tendangannya dengan mudah dihalau kiper.

Keasyikan menyerang, Liverpool nyaris kebobolan pada menit ke-21. Aksi dari Cole Palmer masih bisa dihalau kiper Caoimhin Kelleher.

Di menit ke-28, Liverpool harus kehilangan pemain karena cedera. Ryan Gravenberch terpaksa ditarik ke luar lapangan usai kakinya diinjak Moises Caicedo. Poisisinya diganti Joe Gomez.

    Raheem Sterling sempat menjebol gawang Liverpool, namun golnya dianulir wasit usai mereview tayangan VAR (@chelseaFC)
Raheem Sterling sempat menjebol gawang Liverpool, namun golnya dianulir wasit usai mereview tayangan VAR (@chelseaFC)

Menit ke-32, Raheem Sterling berhasil menjebol gawang Liverpool. Namun gol itu dianulir wasit Chris Kavanagh usai meninjau tayangan VAR. Dalam tayangan VAR, Nicolas Jackson terperangkap offside sebelum memberikan umpan ke Sterling.

Tak ada gol tercipta di babak pertama.

Di babak kedua, Liverpool kembali mendominasi permainan. Pada menit ke-60, tandukan Virgil van Dijk merobek jala Petrovic.

Namun wasit asal Greater Manchester menganulir gol tersebut usai melihat tayangan VAR. Dalam video terlihat van Dijk melakukan pelanggaran sebelum mencetak gol.

Pada menit ke-84 Chelsea mendapatkan peluang matang saat Connor Gallagher sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Kelleher di kotak penalti.

Meski demikian, Gallagher gagal memanfaatkan peluang tersebut usai tembakannya berhasil dihalau kiper asal Irlandia tersebut.

Klopp mencoba mengubah strategi dengan melakukan sejumlah pergantian pemain. Dalam pergantian ini, Klopp menarik tiga pemain seniornya dan memasukkan pemain akademi Liverpool seperti bobby Clark, James McConnell, hingga Jayden Danns.

Babak kedua pun berakhir dengan tanpa gol. Sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak extra time 2X15 menit.

    Chelsea vs Liverpool: peluang striker muda The Reds, Jayden Danns untuk menjebol gawang The Blues (@lfc)
Chelsea vs Liverpool: peluang striker muda The Reds, Jayden Danns untuk menjebol gawang The Blues (@lfc)

Pada babak perpanjangan waktu, Liverpool langsung mendapatkan peluang emas lewat Jayden Danns pada menit ke-94. Namun sundulan Danns masih bisa dihalau Petrovic.

Gol kemenangan Liverpool akhirnya datang di babak kedua babak extra time. Van Dijk menjebol gawang Chelsea pada menit ke-118.

    Chelsea vs Liverpool 0-1: Virgil van Dijk mencetak gol kemenangan Liverpool di masa extra time (@LFC)
Chelsea vs Liverpool 0-1: Virgil van Dijk mencetak gol kemenangan Liverpool di masa extra time (@LFC)

Gol tercipta usai bek asal Belanda itu menerima umpan dari tendangan sudut Kostas Tsimikas. Gol ini pun dinyatakan sah oleh wasit.

Hingga pertandingan usai, skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool tak berubah. Liverpool keluar sebagai juara Carabao Cup 2024.

Ini menjadi gelar Carabao Cup ke-10 yang diraih Liverpool sepanjang sejarah.

Susunan pemain Chelsea vs Liverpool:

Chelsea (4-2-3-1): 28-Djordje Petrovic; 27-Malo Gusto, 2-Axel Disasi, 26-Levi Colwill, 21-Ben Chilwell; 25-Moises Caicedo, 8-Enzo Fernandez; 20-Cole Palmer, 23-Conor Gallagher (11-Noni Madueke 97'), 7-Raheem Sterling (18-Christopher Nkunku 67'); 15-Nicolas Jackson (10-Mykhailo Mudryk 89')

Pelatih: Mauricio Pochettino

Liverpool (4-3-3): 62-Caoimhin Kelleher; 26-Andy Robertson (21-Kostantinos Tsimikas 87'), 4-Virgil van Dijk, 5-Ibrahima Konate, 84-Conor Bradley (42-Bobby Clark 72'); 38-Ryan Gravenberch (2-Joe Gomez 28'), 3-Wataru Endo, 10-Alexis Mac Allister (53-James McConnell 87'); 7-Luis Diaz, 18-Cody Gakpo (76-Jayden Danns 87'), 19-Harvey Elliott

Pelatih: Juergen Klopp

Wasit: Chris Kavanagh (Greater Manchester)

Artikel lainnya: Muncul Teori Mengerikan Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH370

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait