Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Resmi Jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia

  • Arry
  • 19 Mar 2024 09:16
Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi menjadi WNI dan siap membela Timnas Indonesia(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia kedapatan dua pemain baru yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Dua pemain asal Liga Belanda itu resmi menjadi Warga Negara Indonesia.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi menjadi WNI usai keduanya menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Senin, 18 Maret 2024 malam.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menjelaskan proses naturaliasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen berlangsung cepat. Kedua pemain pun baru tiba di Indonesia pada Senin, sore dan malam.

"Jadi ini semua cepat sekali. Yang pasti, Ragnar tadi sore mendarat, sementara Thom Haye baru mendarat di Jakarta sekitar pukul 21.00 WIB Jakarta dan langsung ke Kemenkumham," kata Arya Sinulingga dikutip dari laman PSSI, Selasa, 19 Maret 2024.

Baca juga
Viral Typo Rafael Struick di Jersey Saat Indonesia vs Australia

Untuk diketahui, Thom Haye saat ini bergabung dengan tim dari Liga Belanda, Heerenveen. Pemain berusia 29 tahun itu memiliki posisi sebagai pemain tengah.

Thom Haye lahir di Belanda, 9 Februari 1995. Thom Haye memiliki darah keturunan Indonesia dari sang kakek yang lahir di Solo dan nenek berawal dari Manado.

Sementara itu Ragnar Oratmangoen kini bermain untuk klub Eredivisie Fortuna Sittard, pinjaman dari Groningen. Pemain yang beroperasi sebagai pemain sayap atau gelandang serang itu memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya yang berasal dari Maluku.

Usai resmi menjadi WNI, Thom Haye menyampaikan senang proses naturalisasi berlangsung cepat. Dia pun berharap dapat segera memberikan kontribusi ke Timnas Indonesia.

"Setelah proses yang panjang akhirnya selesai. Saya senang. Proses 24 jam. Setelah saya main (bersama Heerenveen). Saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam (ke Indonesia). Kemudian saya ke sini dan selesai sekarang. Saya senang dan terima kasih atas dukungannya [kepada pendukung timnas Indonesia dan semua pihak]," kata Thom Haye.

Baca juga
Jadwal Timns Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

"Saya berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan timnas Indonesia, " kata Thom Haye.

Hal serupa juga disampaikan Ragnar Oratmangoen. Dia pun sudah tak sabar membela timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia.

"Saya sangat senang. Saya mengambil sumpah dan itu benar-benar terjadi. Saya ingin mencapai Piala Dunia tentunya (bersama timnas Indonesia). Bisa membantu tim yang dihuni pemain muda," kata Ragnar Oratmangoen.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen kini masuk ke dalam 26 pemain timnas Indonesia yang diproyeksikan Shin Tae-yong melawan Vietnam.

Meski demikian, keduanya belum bisa bermain dalam laga perdana melawan Vietnam saat bertanding di Stadion Gelora Bung Karno pada 21 Maret 2024.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen diprediksi akan memulai debutnya bersama Timnas Indonesia saat bertandang ke Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2024 pada Selasa, 26 Maret.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait