Ada Donasi Kaos Oblong untuk Tim Medis Wisma Atlet, Cek Faktanya Yuk!

  • Arry
  • 23 Jul 2021 15:19
Wisma Atlet Kemayoran(humas/BNPB)

Berita hoaks Covid-19 terus bertebaran di media sosial. Belakangan beredar info relawan hingga tim medis di Wisma Atlet Kemayoran membutuhkan donasi kaos oblong.

"Bila ada yang minat bantu banyak relawan atau tenaga medis yang tidak bawa baju ganti yang cukup terutama yang pria lajang. Sementara baju mereka sehabis pakai APD itu basah kuyup oleh keringat. Mereka saat shift cuci dan jemur baju mereka," tulis pesan tersebut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memastikan, info yang beredar di jejaring sosial mengenai donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 sebagai hoaks atau berita palsu.

"Berita hoaks dengan konten informasi serupa pernah tersebar di jejaring sosial whatspp pada April 2020 lalu," tulis keterangan BNPB yang diterima Newscast.id, Jumat, 23 Juli 2021.

Hoaks Info Donasi Kaos Oblong Wisma Atlet

BNPB mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menyikapi atau pun menyebarluaskan berita yang dapat memicu kepanikan atau pun ketidaknyamanan masyarakat.

"Pastikan kebenaran berita sebelum menyebarluaskan kembali melalui jejaring sosial atau pun media sosial, seperti melalui aplikasi WhatsApp," lanjut BNPB.

BNPB pun menegaskan, pemerintah telah menyediakan kanal informasi Hoax Buster seputar Covid-19 melalui tautan https://covid19.go.id/p/hoax-buster. Masyarakat dapat mengecek beragam berita atau informasi pada tautan tersebut untuk memastikan kebenaran berita atau informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait