Nono Bocah Jagoan Matematika Asal NTT Wakili Indonesia di Olimpiade Tingkat Asia

  • Arry
  • 8 Feb 2023 14:50
Archangels Hendrik Meo Tnunay atau yang akrab disapa Nono, bocah 8 tahun asal NTT, sukses menjadi juara 1 Matematika tingkat dunia(setda provinsi ntt/youtube)

Nono atau Caesar Hendrik Meo Tnunay (7), bocah jagoan matematika asal Nusa Tenggara Timur akan mewakili Indonesia dalam olimpiade sains dan matematika tingkat Asia. Nono akan mengikuti ajang itu tanpa melalui proses seleksi.

Ibunda Nono, Nuryati Sern, menjelaskan, anaknya akan tergabung bersama tujuh peserta dari provinsi lain untuk mengikuti Asia Science and Math for Primary and Secondary School (ASMOPSS) kategori sekolah dasar.

"Diperuntukkan bagi siswa SD kelas IV, namun Nono yang baru kelas II berhasil terpilih tanpa melalui seleksi, atas pertimbangan dari tim Yohanes Surya," kata Nuryati usai bertemu Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Selasa, 7 Februari 2023.

Olimpiade Sains dan Matematika tingkat Asia itu akan digelar pada November 2023 di Toba, Sumatera Utara.

"Ini sangat membanggakan bagi kita semua. Diharapkan, ia dan teman-temannya mengikuti pelatihan dan bimbingan dengan baik dan lancar, sehingga mendapatkan hasil yang membanggakan pada olimpiade nanti," kata Nuryati.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menjelaskan, olimpiade sains dan matematika yang akan diikuti Nono ini merupakan ajang yang sangat luar biasa. Sebelum olimpiade digelar, lanjut dia, Nono akan mengikuti pelatihan khusus bersama teman-temannya.

"Ini kesempatan yang luar biasa dan pastinya Nono dapat pengalaman baru. Ini memberikan semangat tersendiri bagi Nono dan teman-temannya untuk mengharumkan nama NTT dan Indonesia," imbuhnya.

Sebelum mengikuti olimpiade sains dan matematika ini, Nono telah menyabet juara pertama kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia, yakni International Abacus World Competition 2022.

Nono menjadi juara dunia usai mengalahkan 7.000 peserta dari seluruh negara di dunia, termasuk Amerika Serikat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait