Apple Resmi Rilis iOS 17, Ini Fitur Terbarunya: NameDrop, Journal Hingga StandBy Mode

  • Arry
  • 6 Jun 2023 09:25
Tampilan iOS 17 yang baru diluncurkan Apple(apple/apple.com)

Apple resmi merilis tampilan antarmuka (UI/user interface) terbarunya untuk perangkat iPhone, yaitu iOS 17. Apa saja fitur terbaru yang tersedia?

Peluncuran iOS 17 dilakukan pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 yang digelar secara online pada Selasa, 6 Juni 2023 dini hari WIB.

Sistem operasi iOS 17 ini membawa sejumlah fitur baru. Ada empat aspek yang menjadi unggulan yakni komunikasi, konektivitas, serta penambatan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Berikut fitur baru dalam iOS 17:

FaceTime Makin Canggih

Pada iOS 17, aplikasi Facetime mendapat tambahan berupa fitur voice mail. Yakni pengguna bisa meninggalkan pesan suara saat panggilan FaceTime tak dijawab oleh lawan bicara.

Selain itu, ada juga fitur 'Contact Poster'. Fitur ini memungkinkan pengguna Facetime mengatur tampilan tertentu ketika dihubungi orang lain via telepon.

Facetime edisi baru ini juga menghadirkan fitur 'Check In' yang bisa memungkinkan orang memberikan pemberitahuan atau notifikasi ke orang terdekat ketika Anda sampai di rumah.

NameDrop

Dalam iOS 17 juga ada pembaruan yang menemani fitur AirDrop yang dinamai 'NameDrop'. Fitur ini memungkinkan orang membagikan nomor telepon dan email dengan mendekatkan dua iPhone.

AI pada Keyboard

iOS 17 juga akan memberikan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada keyboard. Pengguna bisa melakukan penyempurnaan atau koreksi otomatis pada kata dan kalimat yang hendak dikirim.

Aplikasi Journal dan StandBy

Selain perbaikan fitur, iOS 17 juga menghadirkan 2 aplikasi baru yakni Journal dan StandBy.

Aplikasi Journal memungkinkan pengguna mengumpulkan momen berharga sebagai pengingat. Tak hanya foto, pengguna juga bisa menambahkan teks untuk melengkapi momen berharga tersebut. Apple pun menjamin aplikasi Journal dilengkapi enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption).

Aplikasi baru lainnya adalah StandBy. Aplikasi ini dapat mengumpulkan Live Activities, Widget, Smart Tracks dalam satu tampilan informasi pada layar dalam kondisi standby. Selain itu, waktu dan tanggal juga akan ditampilkan.

Ketika iPhone sedang melakukan pengisian daya, aplikasi akan otomatis mengubah tampilan menjadi lanskap.

Untuk kemudahan pengguna, Standby Mode juga mendukung fitur Live Activities dan input suara Siri.

Artikel lainnya: Aksi Kocak Pria Hitung Hewan Kaki Seribu, Ternyata Segini Jumlahnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait