Fosil Gajah Purba Berusia Ratusan Ribu Tahun Ditemukan di NTT

  • Arry
  • 26 Jul 2023 06:39
Ilustrasi gajah purba(daily telegraph/daily telegraph)

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan fosil gajah purba di wilayah Situs Mala Huma, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Usianya diperkirakan mencapai ratusan ribu tahun.

Temuan fosil itu idasarkan survei berkala dan penggalian di lokasi situs purbakala dan prasejarah yang dilakukan oleh Tim Pusat Survei Geologi.

"Para ahli Paleontologi di Badan Geologi secara berkala melakukan survei dan penggalian di lokasi tertentu berdasar riset, literatur dan informasi dari penduduk lokal. Saat ini hasil penggalian terbaru di wilayah Situs Mala Huma ditemukan gigi geraham Gajah dan rahang dari Komodo. Fosil-fosil tersebut diperkirakan mencapai usia ratusan ribu tahun yang lalu," ujar Kepala Pusat Survei Geologi Hermansyah dalam siaran pers.

Hermansyah menjelaskan, setelah seluruh fosil diangkat, proses selanjutnya adalah melakukan pelapisan tulang dengan perban yang dilapisi dengan gipsum. Tujuannya agar saat proses pengangkatan dan pengangkutan ke Badan Geologi Bandung, tidak mengalami kerusakan.

    Penggalian fosil gajah purba di NTT

"Di kantor Badan Geologi dilakukan beberapa tahapan proses untuk bisa segera direkonstruksi kemudian dipajang di Museum Geologi," jelasnya.

Untuk diketahui, situs Mala Huma ini memang dikenal menyimpan banyak fosil gajah purba (Stegodon florensis) dan ditemukan juga alat batu (artefak) berupa batu inti dan serpih.

Hermansyah menjelaskan, piihakya dan pemerintah daerah setempat memiliki rencana membangun site museum yang nantinya akan menyimpan fosil-fosil tersebut.

"Bupati Ngada Andreas Paru, menyetujui rencana Badan Geologi untuk melakukan Site museum di lokasi penemuan fosil tersebut. Site Museum diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan di daerah-daerah terpencil terutama daerah yang memiliki potensi geologi," jelas Hermansyah.

Artikel lainnya: PDIP Pecat Cinta Mega, Anggota DPRD DKI Diduga Main Judi Slot Tapi Ngaku Candy Crush

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait