Menkes Budi Sindir Orang Kaya Berobat Pakai BPJS Kesehatan, Memangnya Tidak Boleh?

  • Arry
  • 24 November 2022 17:00
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin(humas/setkab)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiin mengungkapkan BPJS Kesehatan selama ini banyak menanggung pengobatan dari orang-orang tergolong kaya. Bahkan ada yang berstatus sebagai konglomerat.

Budi curiga pengeluaran BPJS Kesehatan yang besar untuk membiayai pengobatan orang-orang yang memiliki kemampuan ekonomi menengah ke atas. Padahla seharusnya mereka mengombinasikan biaya BPJS dan asurasi swasta.

"Saya dengar, sering kali orang-orang yang dibayar besar (dari klaim BPJS Kesehatan) itu banyaknya, mohon maaf kadang konglomerat, orang-orang ini juga (peserta dari orang kaya)," kata Budi saat rapat dengan Komisi IX DPR yang disiarkan virtual, dikutip Kamis, 24 November 2022.

Menurut Budi, pihaknya akan mengeek data 1.000 orang dengan tagihan biaya perawatan kesehatan dari BPJS Kesehatan dengan nominal tertinggi. Dia juga akan mengecek kekayaan 1.000 itu dari besaran daya listri di rumahnya.

Jika mereka memiliki besaran daya listrik 6.000 VA di rumahnya, berarti mereka tergolong dalam masyarakat yang mampu alias kaya.

"Saya sendiri nanti mau ngomong sama Pak Ghufron (Direktur Utama BPJS Kesehatan), saya mau lihat 1.000 orang yang expense-nya di BPJS, saya mau tarik datanya," ujarnya.

Apakah orang kaya menggunakan BPJS Kesehatan melanggar aturan?

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan