NIK Kepanjangan? Begini Cara Mudah Menghafalnya

  • Arry
  • 8 September 2021 17:55
e-KTP(Bapenda/jabarprov.go.id)

Nomor Induk Kependudukan alias NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik, khas, dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.

NIK terdiri dari 16 digit angka. NIK tercantum pada kartu tanda penduduk atau KTP. NIK pertama kali diperkenalkan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan ketika Institusi Pemerintah ini menerapkan sistem KTP nasional yang terkomputerisasi.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, KTP adalah nyawa bagi penduduk Indonesia. Sebab, NIK dalam KTP itu berguna untuk mengurus berbagai urusan. Seperti membuat SIM, mengurus BPJS, hingga mengurus akta nikah.

Meski demikian, tak semua orang hafal dengan NIK masing-masing. Biasanya, orang harus mengeluarkan KTP untuk memasukkan NIK ke dokumen.

Lalu, bagaimana cara mudah menghafal NIK agar tidak sering mengeluarkan KTP?

NIK diatur dalam PP No 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan UU No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Dalam pasal 31 PP tersebut, NIK terdiri dari 16 digit terdiri atas:

  • 6 (enam) digit pertama merupakan kode wilayah provinsi, kabupatenf kota, dan kecamatan tempat tinggal pada saat mendaftar;
  • 6 (enam) digit kedua merupakan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran dan khusus untuk perempuan tanggal lahirnya ditambah angka 40;
  • 4 (empat) digit terakhir merupakan nomor urut penerbitan NIK yang diproses secara otomatis dengan SIAK.

Jadi jika ada warga berjenis kelamin laki-laku yang merupakan warga Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ia lahir pada 28 Februari 1980, maka NIK-nya adalah 332313 280280 0009.

Kode 332313 merupakan kode wilayah: Jawa Tengah (33), kode Kabupaten Temanggung (23), dan kode Kecamatan Kranggan (13).

Kemudian 280280 adalah tanggal lahir pemilik NIK. Dan 0009 merupakan kode otomatis yang diberikan oleh SIAK.

Jadi cara hafalnya, kode wilayah, tanggal lahir, dan kode SIAK. Selamat mencoba.

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan