Geger Aksi Mensos Risma Menguruk Jalan Pakai Tangan Kosong

  • Arry
  • 6 Desember 2021 10:28
Aksi mensos Risma menuruk pasir ke jalan berlubang saat menuju posko evakuasi letusan Gunung Semeru(@Linjamsos Oke/youtube)

Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali menarik perhatian publik. Mensos tiba-tiba turun ke jalan dan menguruk jalan berlubang dengan tangan kosong di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Aksi Risma ini direkam dan diunggah kanal YouTube Linjamsos Oke pada Minggu, 5 Desember 2021. Dalam video berdurasi 5 menit 47 detik itu, Mensos Risma beserta rombongan berhenti di tengah perjalanan.

Mantan Wali Kota Surabaya itu langsung turun dan mengais tumpukan pasir dan kerikil di jalan. Terlihat Risma menguruk tumpukan pasir itu dengan tangan kosong dan diletakkan di jalan berlubang.

Tak beberapa lama baru nampak beberapa orang membawa peralatan seperti sekop dan cangkul membantu Risma menguruk pasir ke jalan berlubang.

Baca Juga
Jenazah Ibu dan Bayinya Ditemukan Berpelukan Tertimbun Lahar Gunung Semeru

Dalam keterangan di video itu dijelaskan, saat itu Mensos Risma tengah menuju posko pengungsian erupsi gunung Semeru di Kecamatan Candipuro. Rombongan Risma berhenti sat melihat tumpukan pasir 'uruk' yang berada di tengah jalan. Pasir uruk bercampur batu ini memang sedianya digunakan untuk menutupi jalan yang berlubang.

Aksi Risma menguruk pasir ini pun langsung trending di twitter. Banyak warga Twitter yang memuji sikap Risma tersebut.

Baca Juga
Mensos Risma Paksa Tunarungu Bicara, Ini Alasannya

"Bu risma tipikal orang yang langsung bertindak. Bukan hanya kata2 saja tapi langsung tindakan. Itulah keren nya bu risma :) mbok e arek arek suroboyo," tulis salah satu netizen.

"Itulah bu Risma, selagi dia masih bisa mengerjakan maka dikerjakan ga banyak komen just do it," ucap netizen lainnya.

Baca Juga
Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru Si Paku Bumi Pulau Jawa

Namun tak sedikit pula yang mengkritik tindakan Risma tersebut.

"Bukan jobdescnya Bu… Sama aja kayak hire kerjaan kuli bangunan tp gaji puluhan juta. Ada banyak PR ibu yg lebih urgent dan esensial dibandingin gimmick2 populis gini," cuit netizen.

"Sejujurnya sy tak kagum dg apa yg dilakukan Ibu Mensos seperti di video ini. Yg ada malah rasa kasihan. Terkesan ia tengah bingung dg apa yg mestinya beliau lakukan sbg Mensos di tengah krisis. 'Sense of Crisis & Responsiveness' seorang menteri itu setahu sy bukan seperti itu," ujar salah satu netizen.

"Kayaknya cocokan di Dinas PU deh bu dari pada Mensos," cuit netizen lainnya.

Lihat aksi Mensos Risma menguruk pasir pakai tangan kosong di bawah ini:

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan