Jangan Coba-coba Kirim WA Me Settings ke Teman, Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya

  • Arry
  • 29 Mei 2023 16:44
WhatsApp(antonbe/Pixabay.com)

Warganet tengah ramai memperbincangkan isi pesan di aplikasi WhatsApp yang bertuliskan "WA Me Settings". Pesan itu ternyata berbahaya. Simak penjelasannya di sini.

Isi pesan itu adalah wa.me/settings. Di twitter banyak warganet yang menyatakan, apabila ada yang mengirimkan isi pesan tersebut, maka akan membuat aplikasi WhatsApp error dan bisa keluar sendiri.

Melansir cuitan dari akun base @sbyfess disebutkan, pengirim memberikan peringatan ke pengguna agar tidak mengirimkan pesan WA Me Settings. Tidak dijelaskan kenapa hal tersebut dilarang.

Lantas apa yang bakal terjadi pada aplikasi WA jika ada yang mengirim pesan tersebut?

Pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, menjelaskan, chat WA Me Settings merupakan bug atau celah keamanan aplikasi WhatsApp versi Android.

“Jadi, setiap kali loading wa.me/settings, (aplikasi) akan crash dan chat dengan teks tersebut, baik chat personal maupun group, tidak akan bisa dibuka,” kata Alfons.

Baca juga
Waspada Penipuan Via WhatsApp Berkedok Surat Tilang Polisi

“Wa.me adalah situs pemendek tautan milik Whatsapp dan selama ini digunakan sebagai tautan untuk membuka apps Whatsapp dari peramban guna menghubungi nomor Whatsapp yang ingin dihubungi dengan format wa.me/62****** yang diisi dengan nomor WA yang ingin dihubungi,” ujarnya.

Menurutnya, bug ini tidak bakal terjadi di iPhone maupun WhatsApp Web.

“Sebabnya adalah karena kode pemrograman di Android dan iPhone berbeda. Jadi, kali ini kebetulan bug-nya ada di Android. Bisa saja lain kali bug nya ada di keduanya atau malah ada di iPhone saja,” jelasnya.

Bagaimana cara mengatasi jika terlanjut klik WA Me Settings, berikut caranya:

  1. Buka WhatsApp melalui browser
  2. Login jika belum
  3. Buka chat yang ada wa.me/settings, lalu hapus
  4. WhatsApp di HP bisa digunakan kembali

Artikel lainnya: Misteri Situs Batu Melingkar Tasikmalaya, Ada Sinyal Internet di Dekat Makam Keramat

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan