Kisah Suyanto Mudik ke Lamongan Bawa Pesawat Terbang Rakitan Sendiri

  • Arry
  • 17 Des 2021 10:37
Heri Suyanto, pria asal Lamongan bersama dengan pesawat hasil rakitannya sendiri(ist/ist)

Aksi Heri Suyanto, pria asli Lamongan, Jawa Timur, membuat heboh saat mudik ke kampungnya di Dusun Trongglonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo. Dia membawa pulang pesawat hasil rakitannya sendiri.

Suyanto membawa pesawat rakitannya itu dengan menggunakan truk. Pesawat itu dipreteli mulai sayap, baling-baling, hingga rodanya agar mudah diangkut dengan truk.

“Sebenarnya pesawat ini tiba di sini, pada hari Minggu kemarin,” kata Suyanto dilansir dari beritajatim, Jumat, 17 Desember 2021.

Suyanto menjelaskan, pesawat jenis Short Take Off and Landing alias STOL ini mulai dirakit di kampung halaman sang istri, di Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pesawat berjenis STOL hasil rakitan Heri Suyanto, pria asal Lamongan

Suyanto mengklaim, seluruh desain hingga pengerjaannya dilakukan seorang diri. Sedangkan bahannya hampir semuanya didatangkan dari luar negeri.

Suyanto mengakui mendapatkan ilmu membuat pesawat ini didapat saat bekerja di salah satu perusahaan pembuatan pesawat di Repulik Ceko. Setelah tak lagi menjadi TKI, Suyanto memutuskan kembali ke Indonesia dan menetap di Ciamis.

Di sana dia mulai mencoba merakit sendiri pesawat buatannya. Kini dia mencoba menyelesaikan perakitan di kampungnya di Lamongan.

"Untuk pesawat yang saya rakit sendiri di Lamongan ini, kita bawa dari Ciamis dengan diangkut truk, kenapa saya rakit di Lamongan saya ingin memberikan motivasi kepada anak-anak muda bahwa orang Indonesia juga bisa membuat pesawat terbang sendiri," jelas dia.

Menurutnya, pesawat rakitannya ini sudah siap terbang. amun, dirinya masih menunggu uji kelaikan dan pembuatan identitas pesawat.


Selanjutnya spesifikasi pesawat >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait