Makan Nasi Padang Lebih Nikmat Pakai Tangan Atau Sendok? Ini Jawabannya

  • Arry
  • 5 Mar 2022 14:45
Ilustrasi Nasi Padang(pergikuliner/pergikuliner.com)

Dilansir dari laman restoran Padang, Sari Bundo, disebutkan, sampai saat ini belum ada penelitian yang pasti soal lebih nikmat mana makan nasi Padang pakai tangan atau pakai sendok.

Menurut Sari Bundo, masyarakat asli Sumatera barat atau suku Minangkabau lebih suka makan menggunakan tangan tanpa alat bantu. Sendok dan garpu bukan merupakan budaya asli Indonesia, namun berasal dari kolonialisme.

Mereka menilai, makan nasi pakai tangan merupakan tradisi Indonesia turun temurun. Karena makan pakai tangan melambangkan kesederhanaan dan kehangatan kekeluargaan.

Di satu sisi, ada yang berpendapat, makan pakai sendok dan garpu lebih higienis. namun ada pula yang berpendapat, bakteri di tangan dapat membantu mempercepat mencerna makanan.

"Jika kamu makan nasi padang menggunakan tangan, tentu setelah selesai makan, bisa jadi ada rasa panas di tangan. Hal ini normal mengingat sebagian besar lauk pauk masakan padang disertai dengan cabai sebagai bumbu utamanya sehingga menyebabkan rasa panas pada tangan. Jangankan tangan, mulut aja bisa kepedesan luar biasa pas makan nasi padang pakai ayam balado misalnya ya," tulis Sari Bundo.

Mereka juga menilai makan pakai sendok justru akan menyulitkan Anda untuk memisahkan kulit dengan tulang ikan atau ayam gulai.

"Kemudian juga biasanya akan banyak sisa makanan yang tertinggal ketika menggunakan sendok/ garpu, berbeda dengan makan pakai tangan yang biasanya nasi padang ludes sampai ke butir nasi terakhir," ujarnya.

Jadi, Newscaster termasuk kubu makan nasi Padang pakai tangan atau sendok?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait