Bruce Willis Pensiun Jadi Artis Gegara Penyakit Aphasia, Kenali Gejalanya

  • Arry
  • 31 Mar 2022 12:07
Aktor Hollywood Bruce Willis(brucewillis/instagram)

Aktor Bruce Willis memutuskan pensiun dari dunia akting. Keputusan ini diambil setelah pemeran film Die Hard berusia 67 tahun itu didiagnosis menderita aphasia alias Afasia.

Kabar mundurnya Bruce Willis diumumkan mantan istrinya, Demi Moore, melalui akun Instagram pribadinya. Demi Moore menyatakan Bruce Willis mengalami masalah kesehatan yang memengaruhi kemampuan kognitifnya.

"Kepada pendukung Bruce yang luar biasa, sebagai sebuah keluarga, kami ingin berbagi bahwa Bruce tercinta telah mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita afasia, yang memengaruhi kemampuan kognitifnya," tulis Demi Moore di Instagram pribadinya dikutip Kamis, 31 Maret 2022.

“Sebagai hasil dari ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce memutuskan untuk menjauh dari karier yang sangat berarti baginya. Ini adalah waktu yang sangat menantang bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan Anda yang berkelanjutan," lanjutnya.

Apa sih penyakit Aphasia atau Afasia itu?

Dilansir dari Mayo Clinic, Aphasia atau Afasia merupakan suatu kondisi yang memengaruhi Anda untuk dapat berkomunikasi. Seperti berbicara, menulis, memahami bahasa baik lisan maupun tulisan.

Afasia biasanya terjadi usai penderita mengalami stroker atau cedera kepala. Selain itu, Afasia juga dapat terjadi secara bertahap. Mulai dari tumor otak yang tumbuh lambat ayau penyakit yang menyebabkan kerusakan permanen dan progresif (degeneratif).

Tingkat keparahan afasia tergantung pada sejumlah kondisi, termasuk penyebab dan tingkat kerusakan otak.

Setelah penyebabnya diatasi, pengobatan utama untuk afasia adalah terapi wicara dan bahasa. Orang dengan afasia belajar kembali dan mempraktikkan keterampilan bahasa dan belajar menggunakan cara lain untuk berkomunikasi. Anggota keluarga sering berpartisipasi dalam proses tersebut, membantu orang tersebut berkomunikasi.


Selanjutnya gejala Aphasia alias Afasia >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait